Barsel

Petani Desa Pemangka Panen Raya Buah Semangka Puluhan Ton

BARITO SELATAN - PLT Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan Ida Safitri Bersama Kepala Desa Wunto Linjar, S.Sos panen raya buah semangka di lahan kelompok tani Rojo tani desa pemangka Kecamatan Dusun Selatan Barito Selatan sabtu 17 Juli 2021.

Selain menjadi sentra produksi palawija, desa pemangka juga dikenal sebagai penghasil beragam tanaman hortikultura salah satu yang jadi andalan adalah semangka. Plt ida safitri pun berkesempatan melakukan panen raya semangka di Desa Pemangka Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, Minggu, 18/7/2021.

Luas lahan panen semangka di kawasan ini mencapai 20 hektar, namun saat ini hanya panen seluas 4 haktar , dengan produksi  mencapai 12 ton sekali panen dan dipasarkan ke beberapa daerah di Barito Selatan, Kalimantan Barat hingga diambil langsung untuk di bawa ke Pulau Jawa.

Ketua kelompok rojo tani desa pemangka, natuluanto bersama 18 anggotanya sangat senang  bisa mendapatkan hasil panen yang baik. Ini menunjukkan kalau petani di sini telah bekerja keras untuk mandiri dan sejahtera.

Saat ini di desa pemangka terdapat lahan sekitar 20 hektar lahan sawah yang ditanami semangka. Dan merupakan sentra semangka terbesar di wilayah Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah.

Menurut
Ida Sapitri, PLT Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan, kedepan para petani didesa pemangka perlu  garap produk turunan semangka, misalnya minuman olahan semangka, sehingga pendapatan yang diterima petani lebih baik.

Warga di wilayah desa pemangka tersebut mulai menanam semangka sejak terbentuk lima tahun yang lalu, mengingat lahan yang luas dan subur lebih cocok untuk ditanami jenis hortikultura dan hampir sepanjang tahun panen semangka.  

Dalam setahun, lanjut petani, bisa melakukan panen semangka sebanyak empat kali perhektar atau mencapai puluhan ton. Saat panen raya seperti ini harga per kilogramnya cukup tinggi.

 

 

(Ary Mampas)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments