Katingan

Pisang Dua Kecamatan Memiliki Potensi UMKM, Perlu Perhatian Pemerintah

KATINGAN - Masyarakat di daerah Kecamatan Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan banyak yang menggeluti penanaman dan pengolahan buah pisang. Dari usaha yang digeluti tersebut, berpotensi untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang perlu mendapat perhatian pemerintah daerah. Hal ini disampaikan oleh anggota DPRD Kabupaten Katingan Ramba.

“Usaha yang sedang dilakukan masyarakat dari dua kecamatan tersebut, perlu mendapat dukungan dari pemerintah, karena berpeluang untuk pengembangan UMKM masyarakat sendiri,” ungkapnya, Senin (17/1/2022).

Bahkan kata Ramba, kedua daerah ini merupakan daerah penghasil tanaman dan buah pisang dan berpotensi untuk meningkatan ekonomi masyarakat. Permintaan pasar untuk buah pisang ini pun sangat menjanjikan. ”Dilihat dari sisi ekonomi, tentunya usaha tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dalam penanganan dan penataan produk UMKM dari olahan aneka ragam makanan dari bahan dasar buah pisang memiliki nilai yang menjanjikan. Sebab, harga jual yang dipasarkan memiliki keuntungan dan laba untuk pelaku usaha atau UMKM.

Apalagi, pemerintah wajib mendukung dan menolong program kerakyatan. Maka, dampak yang diberikan akan memacu semangat bagi masyarakat yang menjadi pelaku usaha di sektor produksi pisang.

 “Pemerintah daerah harus memahami jika masyarakat membutuhkan lapangan kerja. Dengan begitu, demi mengurangi tingkat pengangguran dan angka kriminalitas, serap lapangan kerja dan dorong pertumbuhan UMKM,” tandasnya.

 

 (Nofriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments