Barsel

Pj Bupati Barito Selatan Dorong Keterlibatan Camat, Lurah, dan Kades dalam Pendistribusian Bantuan Pangan

Buntok – Rabu, 20/09/2023, Pelaksana tugas Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan, mendorong keterlibatan Camat, Lurah, dan Kades dalam pendistribusian Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Pernyataan ini disampaikan saat peluncuran tahap II distribusi CBP di Kantor Bulog Buntok.

Menurut Deddy Winarwan, melibatkan para pejabat tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa penting karena mereka memiliki pengetahuan mendalam mengenai warga yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut. Sebanyak 5.500 keluarga penerima manfaat tersebar di 6 kecamatan.

Deddy Winarwan juga menjelaskan bahwa pendistribusian CBP ini bertujuan untuk merespons tren kenaikan harga beras, seperti yang disoroti dalam rapat koordinasi penanganan inflasi minggu lalu. Harapannya, bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu.

Selain distribusi CBP, Pemerintah Kabupaten juga akan melaksanakan operasi pasar untuk memastikan ketersediaan beras, mengatasi fluktuasi dan kenaikan harga, serta menyelenggarakan operasi pasar murah. Upaya ini sesuai dengan UU Nomor 8/2012 tentang pangan, yang menekankan pengelolaan cadangan pangan sebagai langkah untuk menjaga keterjangkauan pangan dari aspek fisik dan ekonomi.

Kepala Kantor Pos Buntok, Muhammad Aulia Bachtiar, menambahkan bahwa beras cadangan pemerintah ini akan didistribusikan ke Kecamatan Gunung Bintang Awai, Dusun Selatan, dan Kecamatan Dusun Utara. Sementara untuk Kecamatan Karau Kuala, Jenamas, dan Dusun Hilir, distribusi akan dilakukan secara bertahap.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments