Barsel

Pj Bupati Barsel Apresiasi Peran Bidan : Aksi cepat Penurunan Stunting

BUNTOK – Pemberian penghargaan kepada bidan sebagai pilar utama dalam penanggulangan stunting. Pernyataan ini disampaikan saat menghadiri perayaan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Hal tersebut dilakukan langsung oleh Pj Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan.

Ia mengungkapkan bahwa bidan memiliki peran krusial sebagai figur terpercaya dalam mendampingi dan membantu proses persalinan. Keberadaan bidan sangat dihargai dalam masyarakat karena tugas mulianya, yang melibatkan semangat, dukungan emosional, dan perawatan menyeluruh terhadap ibu dan bayi.

Selasa, 29/08/2023, Ia mengatakan, "Bidan tidak hanya menjalankan tugas sebagai dukun paraji di masa lalu yang hanya terlibat dalam persalinan. Kini, mereka juga berperan sebagai penyuluh, pendamping, bahkan sebagai penggerak dalam pembangunan kesehatan, terutama kesehatan reproduksi," ungkapnya.

Selain tugas langsung dalam persalinan, peran bidan juga terlihat dalam pelayanan kolaboratif sebagai mitra medis bagi ibu, bayi, dan anak. Bidan juga menjadi anggota tim kesehatan yang aktif dalam pelayanan kesehatan keluarga dan masyarakat secara langsung dan cepat.

Pj Bupati menekankan bahwa saat ini, tugas besar di Barito Selatan adalah mencegah stunting, dengan fokus pada enam poin penting, termasuk pemberian tablet tambah darah dan kelas ibu oleh bidan. Deddy Winarwan berharap peran vital bidan dapat terus berkontribusi dalam upaya penurunan angka kematian bayi dan ibu melahirkan serta mewujudkan kondisi hidup yang lebih baik.

Tak lupa, ia mengapresiasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Barsel atas kontribusinya dalam memberikan pelayanan kesehatan mulai dari sebelum kehamilan hingga masa anak-anak.

(Ary Mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments