Barsel

PJ Bupati Barsel Buka Lomba Mancing

BUNTOK - Sedikitnya 758 orang peserta mengikuti perlombaan mancing yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan. 

Dalam rangka memeriahkan HUT ke 78 RI Tahun 2023 seluruh Dinas OPD Kabupaten Barito Selatan menggelar berbagai perlombaan, salah satunya DKPP Barito Selatan, menggelar perlombaan memancing dengan menyediakan hadiah total 20 juta rupiah. Perlombaan itu dibagi menjadi dua kategori , yakni kategori umum dan kategori pelajar. Demikian disampaikan Pejabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan, selain itu Dinas OPD yang lain juga akan menyelenggarakan lomba jalan sehat juga perlombaan olah raga .

Lebih lanjut pj bupati menghimbau kepada selurh warga Barito Selatan agar tidak menangkap ikan menggunakan alat strom atau menggunakan racun potas, lantaran itu akan merusak ekosistem dan merusak habitan sumber daya perairan dan lingkungan alam sekitar .

Sementara itu Kepala DKPP Ida Safitri menuturkan perlombaan itu selain untuk memeriahkan HUT RI juga dalam rangka mensosialisasikan gemar makan ikan, juga untuk memberikan pembelajaran cara menangkap ikan yang baik dan benar. Tak hanya itu kegiatan itu juga sebagai sarana wisata bagi pemancing dialam bebas dan sebagai agen informasi memancing yang ramah lingkungan.

Sedangkan Ketua Panitia Suhandrianto menyampaikan perlombaan memancing tahun ini diikuti oleh peserta yang terbanyak, yakni sebanyak 756 peserta, tidak hanya dari Barito Selatan namun juga ada yang datang dari Kabupaten Barito Timur. Kegiatan itu merupakan penyelenggaraan yang ke 6. Dia berharap dengan perlombaan memancing itu dapat memberikan contoh cara menangkap ikan yang ramah lingkungan.  Perlombaan itu dibagi dengan beberapa trip, setiap trip akan dturunkan 60 peserta dengan waktu masing-masing trip selama 15 menit .

 

(Ary Mampas)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments