Barsel

PJ Bupati Barsel Lounching Transisi Paud Ke SD

BUNTOK - Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan melaunching gerakan transisi paud ke SD , launching itu ditandai dengan pelepasan balon warna biru dan putih. Pelepasan balon warna putih biru oleh Penjabat Bupati Barito Selatan Dedy Winarwan didampingi Bunda Paud Barito Selatan, Ny Erna Dedy Winarwan dan Wakil Ketua II DPRD Barito Selatan, Hj Inung Irawati, menandai dimulainya gerakan transisi paud ke SD yang menyenangkan , dan pendidikan anak usia dini , hadir guru kelas rendah dan bunda paud Desa/ Kelurahan, serta bunda paud kecamatan di Kabupaten Barito Selatan.

Dalam sambutannya penjabat bupati mengatakan, gerakan bertujuan untuk memudahkan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan baru di sekolah dasar, dikatakan juga gerakan itu juga cerminan dari semangat merdeka belajar yang dilakukan bersama dengan bergotong royong dalam mewujudkan pembelajarn yang menyenangkan dan ber-pusat pada peserta didik.

Lebih lanjut Deddy Winarwan menyampaikan, kebijakan dasar dalam gerakan itu untuk menentukan tiga target perubahan, yakni tidak ada tes membaca, menulis dan berhitung saat penerimaan peserta didik baru jenjang sekolah dasar, menerapkan masa perkenalan untuk peserta didik baru selama dua pekan pertama sekolah serta merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan informasi tentang kebutuhan anak dan pengenalan alat bantu pembelajaran, selain itu juga merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan membangun kemampuan dasar anak didik.

Sementara itu Wakil Ketua II DPRD Barito Selatan Hj Inung Irawati sangat mendukung program tersebut, dia juga berharap anak-anak di barito selatan, khususnya yang akan memasuki sekolah dasar, dapat belajar di sekolah dengan senang tanpa ada  rasa takut dengan guru maupun teman .

Sedangkan Plt Kepala Dinas Barito Selatan Syahdani menyambut baik dengan di launchingnya gerakan transisi paud ke SD, menurutnya gerakan itu juga sinergi dengan kurikulum merdeka.

Setelah melalui proses pendidikan paud dan melewati transisi paud ke SD yang menyenangkan, tentunya peran guru sd kelas rendah menjadi sangat penting dalam mem-berikan pondasi awal yang kuat bagi perkembangan akademik dan karakter siswa.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments