P. Pisau

Pj Bupati Pulang Pisau Arahkan Fokus Penanggulangan Bencana pada Pencegahan dan Inovasi

PULANG PISAU - Dalam rapat koordinasi nasional penanggulangan bencana tahun 2024. Penjabat Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani, menekankan bahwa penanggulangan bencana harus berorientasi pada pencegahan sesuai arahan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pada hari Jumat, 21/06/2024, dihadapan awak media ia mengatakan, "Ada lima arahan penting: mengembangkan industrialisasi penanggulangan kebencanaan dengan teknologi dan inovasi, melakukan pemetaan risiko bencana secara tepat dan validitasnya diakui," ujarnya.

Arahan lainnya meliputi memperkuat pelayanan kebencanaan, menerapkan kebijakan pemulihan pascabencana, dan merencanakan pembiayaan kegiatan penanggulangan bencana secara integratif. Nunu menjelaskan bahwa infrastruktur untuk mengurangi risiko bencana harus ditingkatkan, dengan peralatan standar sebagai strategi penanggulangan terintegrasi.

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau telah mengambil langkah inovatif dengan menyediakan anggaran untuk peralatan pemadam, termasuk mesin portable dengan standar tinggi. Selain itu, pemerintah juga meningkatkan mitigasi bencana melalui sinergitas multi sektor dan menginstruksikan kepala desa untuk mengalokasikan Rp50 juta dari ADD untuk peralatan pemadam kebakaran. "Kami juga berfokus pada peningkatan kesadaran dan kapasitas masyarakat di daerah rawan bencana," tutupnya.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments