P. Pisau

Pj Bupati Pulang Pisau Tekankan Profesionalisme Pengawas Pemilu untuk Pemilu 2024 yang Berkualitas

PULANG PISAU- Bertempat di Stadion HM Sanusi pada Sabtu, {10/02/2024}, Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani, melalui Asisten Satu Setda Pulang Pisau, Hayes Hendra, menegaskan pentingnya profesionalisme jajaran pengawas Pemilu dalam mensukseskan Pemilu serentak 2024. Hal ini disampaikan pada apel siaga pengawasan Pemilu 2024 yang diadakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pulang Pisau.

Nunu Andriani menekankan bahwa Pemilu adalah perayaan demokrasi yang harus dijaga agar berjalan damai, berkualitas, dan berintegritas. Ia juga mengingatkan bahwa pelaksanaan Pemilu yang Luber dan Jurdil merupakan indikator kinerja Pj Bupati.

Pj Bupati dan jajarannya memiliki tugas untuk meningkatkan partisipasi pemilih, memastikan kelancaran setiap tahapan pemilu, mencegah konflik, serta menjaga netralitas pemerintahan.

Menjelang puncak Pemilu pada 14 Februari, Bawaslu menghadapi ujian besar dalam mengawasi berbagai tahapan, termasuk masa tenang, pemungutan suara, penghitungan suara, serta penanganan pelanggaran dan sengketa.

Masa tenang, yang dimulai pada 11 Februari, menjadi fase krusial yang rawan terhadap praktik kecurangan seperti politik uang, isu SARA, dan penyebaran berita bohong. Oleh karena itu, Pemda Pulang Pisau mengajak seluruh jajaran pengawas pemilu dan masyarakat untuk menolak dan melawan politik uang demi terwujudnya Pemilu yang bersih dan bermartabat.

Ketua Bawaslu Pulang Pisau, Zahrotul Mufidah, menyampaikan bahwa Bawaslu telah melakukan berbagai persiapan sejak 20 bulan lalu, termasuk rekrutmen pengawas di berbagai tingkatan. Mufidah juga menegaskan pentingnya peningkatan kesiapsiagaan jajaran pengawas Pemilu dalam menghadapi tahapan masa tenang, pemungutan, dan penghitungan suara.

Apel siaga ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dan semangat seluruh pihak dalam mengawal Pemilu 2024 agar berjalan sukses dan demokratis.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments