Ekonomi

PNS Protes THR, Mendagri, Tito: Harus Bersyukur, Situasi Sedang Sulit Masih Dapat THR

JAKARTA - “Makanya kita terima kasih kepada menteri keuangan dan Bapak Presiden Joko Widodo, kita masih diberikan THR di tengah situasi sulit. Kita harus bersyukur betul,” ujar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional 2021, Selasa, 4 Mei 2021.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjukkan kejengkelannya terkait sebagian pegawai negeri sipil (PNS) yang keberatan dengan besaran THR tahun ini. Bahkan muncul sebuah petisi online yang ditujukan juga kepada Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sebelumnya, ada petisi online di change.org berjudul “THR & Gaji-13 ASN 2021 Lebih Kecil dari UMR Jakarta: Kembalikan Full Seperti Tahun 2019”. Petisi tersebut diinisiasi oleh seseorang bernama Romansyah H. Sejak diunggah pada Jumat lalu, hingga saat ini, petisi tersebut telah ditandatangani oleh lebih dari 19.000 warganet.

Mendagri meminta para pegawai negeri sipil atau PNS untuk bersyukur lantaran masih mendapatkan tunjangan hari raya (THR) di tengah situasi pandemi ini.

“Untuk pegawai negeri, tolong teman-teman dari kepala daerah sampaikan kepada rekan-rekan di daerah. Ini dalam situasi kontraksi keuangan yang berat seperti ini, pemerintah masih memberikan THR di luar tukin. Kita harus syukuri,” tegasnya.

Menurut Tito Karnavian, saat ini Indonesia sedang mengalami kontraksi keuangan yang sangat berat. Namun, dalam situasi ini pun, para aparatur sipil negara masih mendapatkan THR. Sehingga menutur dia, para pegawai pelat merah sudah sepatutnya bersyukur.

Belum lagi, jutaan masyarakat yang tidak bekerja alias menganggur pun kini tidak mendapatkan apa-apa menjelang Lebaran tahun ini.

“Siapa yang mau ngasih THR. Jadi tolong teman-teman kepala daerah berikan pengertian kepada ASN di daerah, syukurilah apa yang sudah ada. Belanja pegawai besar sekali porsinya di APBD, diberi lagi THR, harus bersyukur,” ujar Mendagri.

 

(Infokabinet/Tinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments