Barsel

Polres Barsel Gelar Apel Operasi Zebra Dan Drama Tembak Pendemo

BUNTOK - Polres Barito Selatan laksanakan apel operasi zebra telabang 2023  dengan tujuan salah satu upaya menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas juga dakana drama simulasi nganguan keamananan menghadapi Pemilu 2024 mendatang pada Senin, 4 September 2023 pagi.

Kapolres Barito Selatan AKBP Yusfandi Usman, S.I.K, M.I.K. pimpin apel Operasi Zebra Telabang 2023 di lapangan stadion Batuah Buntok.hal ini disampaikan  kapolres pada saat apel gelar pasukan Operasi Zebra Telabang Tahun 2023, di lapangan sepak bola stadion Batuah, Buntok, bahwa Operasi Zebra Telabang ini salah satu upaya kita menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Dijelaskan orang nomor satu dijajaran Polres Barsel itu, hal ini juga diperlukan langkah-langkah untuk memberikan pemahaman tanggung jawab moral dalam menjaga Kondusifitas Kamseltibcarlantas.

Dirinya juga menekankan kepada jajaranya dalam melaksanakan operasi Zebra Telabang ini agar melakukan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan lokasi Rawan Kemacetan, Pelanggaran Dan Laka Lantas.

Dengan melaksanakan penegakan hukum secara elektronik atau statis dan mobile dan teguran subjektif serta humanis terhadap masyarakat yang melanggar lalu lintas.

Yusfandi juga berharap dalam pelaksanaan operasi zebra lakukan dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat serta tidak melakukan kegiatan kontra-produktif yang dapat merusak nama baik kesatuan dan Institusi Polri.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan, dalam melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait kamseltibcarlantas melalui sosialisasi, penyuluhan, Spanduk, Banner, Baliho serta melalui media Cetak, Elektronik dan Media Sosial.

Selain itu juga berlangsung drama atau simulasi sispam-kota yang melibatkan anggota Polres dalam peragaan sispamkota tersebut, sejumlah simulasi pengamanan pemi-lu di peragakan. Seperti menghadapi nganguan yang di skenariokan sempat mendapat gangguan dan ancaman dari orang tidak di kenal. Yang mengunakan sepeda motor dengan membawa senjata tajam namun dengan sigap tim pengamanan berhasil mengatasi dua orang tersebut dan berbagai gangguan lainya.

Pada simulasi sispamkota itu, Personel Polres Barito Selatan dengan menggunakan pakaian antihuru hara kendaraan taktis memperagakan teknik penanganan massa unjuk rasa yang bertindak anarkis di Kantor KPU Barito Selatan.

Simulasi tersebut juga di warnai dengan adegan ujuk rasa hingga terjadi penembakan guna melumpuhkan terhadap para pengacau dan para pendemo yang tidak terima hasil pemilu yang dilaksanakan di Wilayah Kabupaten Barito Selatan.

Simulasi sispamkota itu merupakan uji kemampuan dalam mengendalikan massa yang mengganggu pelaksanaan pemilulatihan sistem pengamanan kota itu perlu di lakukan secara berkelanjutan dalam rangka menguji kesiapsiagaan personel kepolisian. Khususnya di wilayah hukum polres  Barito Selatan agar dapat memahami tugas masing-masing.

Semua itu hanya latihan, jika memang kejadiannya seperti itu, personel Polres Barsel sudah siap dengan tugasnya semoga kejadian seperti itu tidak terjadi pada Pemilu 2024 mendatang di bumi dahani dahanai tuntung tulus tercinta.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments