Kalteng

Posko Kesehatan Dibangun di Sejumlah Wilayah Banjir Bagikan Makan Tambahan untuk Bumil dan Balita

PALANGKA RAYA - Sejak awal bulan September  banjir sudah mulai merendam beberapa wilayah di Kalimantan Tengah (Kalteng). Sarana kesehatan di wilayah-wilayah tersebut ikut terendam banjir. Terdapat lima puskemas yang dilaporkan terendam banjir yakni Puskesmas Tumbang Kajamei, Puskesmas Tubang Hiran, Puskesmas Samba, Puskesmas Kasongan dan Puskesmas Kasongan. 
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng dr. Suyuti Syamsul MPPM menyebut menindaklanjuti instruksi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk mempertahankan layanan kesehatan bagi masyarakat dan memberikan bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil, ibu menyusui dan balita, satuan tugas gerak cepat Dinkes Kalteng bekerjasama dengan jejaring yang ada seperti dinkes dan puskesmas setempat mendirikan Posko Pelayanan Kesehatan. 
”Posko kesehatan sudah ada didirikan di 13 kecamatan terdampak. Posko ini didirikan di 16 wilayah kerja puskesmas yang merupakan posko gabungan BPBD, TNI dan Kecamatan, didirikan baik di sarana kesehatan yang masih memungkinkan, meminjam rumah penduduk atau sarana ibadah yang ada,” jelas Suyuti dalam pers rilisnya, Selasa (15/9).
Ia menyebut, pemetaan lokasi terdampak masih terus dilanjutkan bekerjasama dengan berbagai unsur yang terlibat dalam penaggulangan bencana. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyalurkan kebutuhan logistik berupa obat-obatan dan Bahan Habis Pakai (BMHP) kesehatan serta makanan Tambahan (PMT) bagi ibu hamil dan balita. 
”Pemerintah provinsi siap untuk kembali menyalurkan sesuai kebutuhan dan permintaan pihak kabupaten,” tegasnya.
Posko kesehatan yang sudah didirikan, diantaranya meminjam salah satu bangunan gereja di Kecamatan Katingan Hilir. Kemudian penyerahan bantuan makan tambahan di Posko Kosehatan Provinsi Kalimantan Tengah di Desa Banut Kalaman. Posko Kesehatan didirikan di rumah penduduk setempat. Selain itu, penyerahan bantuan makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita di Pos Kesehatan Tumbang Sanaman.

(JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments