Business

Presiden Jokowi Lantik Perempuan Papua Jadi Dubes, Ini Komentar Stafsus Billy Mambrasar

Ibu Fientje Maritje Suebu secara resmi telah dilantik oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Rabu 12 Januari sebagai Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue. Beliau menjadi perempuan pertama Papua yang menjadi Duta Besar mewakili Indonesia.

Mendengar kabar pelantikan tersebut, putera asli Papua yang menjadi Staf Khusus Presiden Republik Indonesia ini langsung mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Menteri Luar Negeri, yang disampaikan langsung dan juga dituangkan dalam sebuah surat. Billy Mambrasar, juga mengunggah ke semua akun media sosialnya memberikan ucapan selamat kepada sosok perempuan yang telah berkiprah di Kementerian Luar Negeri selama 31 tahun tersebut.

Selain mengucapkan selamat kepada Duta Besar Fientje Maritje Suebu, Billy Mambrasar juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memperhatikan pembangunan Papua.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Presiden @jokowi atas perhatian luar biasa nya untuk pembangunan sumber daya manusia Papua,” tulisnya di media sosial.

Ditemui secara terpisah, Billy Mambrasar memberikan apresiasi kepada Pemerintah, khususnya Presiden Jokowi yang berkomitmen dalam percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat yang tertuang dalam Inpres No. 9 Tahun 2020.

“Ini adalah salah bentuk perhatian dan langkah nyata dari Pak Presiden terhadap Papua dalam bidang sumber daya manusia,” jelas Billy Mambrasar.

Billy Mambrasar juga tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih nya kepada Kementerian Luar Negeri atas kesempatan khusus bagi putera dan puteri asli Papua dalam penerimaan CPNS Kemenlu Tahun Anggaran 2021 dengan formasi Diplomat, yang hasilnya telah diumumkan melalui situs resmi Kementerian Luar Negeri pada 29 Desember 2021 lalu.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Kementerian Luar Negeri dengan adanya pembukaan khusus bagi anak-anak muda Papua di Kemenlu. Khususnya kepada Menteri Luar Negeri Ibu Retno L.P Marsudi, Dirjen Informasi, Diplomasi Publik Bapak Teuku Faizasyah dan Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Luar Negeri Bapak Winanto Adi yang selalu menjalin komunikasi dengan saya,” ungkap Billy Mambrasar.

Dijelaskan juga oleh Billy Mambrasar, bahwa dirinya juga menjadi salah satu panelis pada tahap wawancara final pada tanggal 12-13 Desember lalu. Ada 40 peserta yang diwawancarai oleh dirinya bersama Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Luar Negeri Bapak Winanto Adi dan Fungsional Diplomat Ahli Utama pada Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Ibu Siti Sofia. Dari rangkaian seleksi, terpilih lima pemuda asli Papua terbaik yang lulus dalam Penerimaan CPNS Kemenlu Tahun Anggaran 2021 untuk jabatan Diplomat.

“Dilantiknya Duta Besar Fientje Maritje Suebu dan dengan adanya proses penerimaan CPNS bagi putra dan putri Papua, membuktikan pemuda dari bagian Timur Indonesia juga siap bersaing dan merupakan SDM yang unggul,” tutup Billy Mambrasar mengakhiri wawancara.

(InfoKabinet/Tinus)

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments