P. Pisau

Produk Pangan Akan Menjadi Komoditas Unggulan Pulang Pisau

PULANG PISAU - Potensi peternakan, tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan, perikanan dan kehutanan akan mendapat perhatian lebih dan diprioritaskan menjadi produk unggulan di Kabupaten Pulang Pisau beber Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Pudjirustaty Narang.  

Produk Peternakan yang memiliki potensi diantaranya sapi potong, kambing, babi, ayam ras petelur, ayam ras pedaging, ayam buras dan itik sementara untuk sektor tanaman pangan padi sawah menduduki peringkat teratas dengan luasan lahan mencapai 24.541,5 hektare, jagung 803 hektare, ubi kayu 304 hektare.

“Sektor tanaman pangan yang berada Kabupaten Pulang Pisau juga menjadi salah satu andalan sekaligus menjadi lumbung padi Kalimantan Tengah, mengingat Kabupaten Pulpis dijadikan salah satu kawasan penyangga pangan nasional atau food estate," katanya.

buah-buahan, sayuran dan tanaman biofarmaka juga memiliki potensi yang tinggi diminati masyarakat, di sisi lain perkebunan juga tidak kalah berpotensi menjadi sumber pendapatan, hal itu terlihat dari luasan tanaman karet seluas 40.214 hektare, kelapa 5.466 hektare, kopi 408 hektare, kelapa sawit rakyat 7.725 hektare, kelapa sawit swasta 89,683,92 hektare.

Potensi lain yaitu perikanan, dengan produksi ikan tangkap 19.657,73 ton, sementara  perikanan budi daya mencapai 4.395,65 ton.

“Khusus untuk sektor kehutanan yakni pengembangan kayu sengon dan perkebunan karet tanaman rakyat masih akan dikembangkan lebih luas lagi," ungkap Bupati.


(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments