P. Pisau

Program Bidan untuk Negeri Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di Pulang Pisau

PULANG PISAU - Pada hari Kamis (05/09/2024), Bertempat di desa Saka Kajang, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, tim Dompet Dhuafa melakukan Gerakan Kesehatan Dompet Dhuafa melalui program "Bidan Untuk Negeri" berupaya menyediakan lebih banyak bidan yang ditempatkan  di daerah terpencil.

Salah satu tujuannya adalah untuk membantu ibu hamil merawat janin mereka selama masa kehamilan hingga melahirkan, serta mengurangi risiko kematian ibu saat melahirkan. Program ini juga berfokus pada pencegahan stunting dan deteksi penyakit tidak menular yang ada didalam masyarakat saat ini.

Tim Dompet Dhuafa yang terdiri dari beberapa anggota, seperti Santi Yuniartiningsih (koordinator program pemberdayaan kesehatan masyarakat), Kurnia Amelia (staf program PKM), R.M. Nurbaiti (Bidan Untuk Negeri), dan Dwi R (PIC Kawasan Sehat Subuh Indah), mengadakan audiensi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau. Pertemuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Pande Putu Gina, yang didampingi oleh Kepala Puskesmas Jabiren, Rustam Efendi, SKM.

Dalam audiensi tersebut, tim Dompet Dhuafa menjelaskan bahwa program Bidan Untuk Negeri bertujuan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan bagi ibu dan anak. Desa Saka Kajang dipilih sebagai lokasi program berdasarkan rekomendasi dari puskesmas dan pemerintah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr. Pande Putu Gina, menyambut baik program ini dan berharap sinergi antara Dompet Dhuafa dan pemerintah bisa terus berlanjut. Ia juga menekankan pentingnya program ini dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama di Desa Saka Kajang.

Terakhir ia menyampaikan harapannya, program Bidan Untuk Negeri tidak hanya dilaksanakan kali ini saja, tetapi dapat berlanjut untuk mendukung pemerintah dalam pengentasan stunting serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat hingga kedepannya nanti,” tutupnya lugas.

(Marselinus)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments