P. Raya

Program Cetak Sawah Baru untuk Tingkatkan Produksi Padi dan Jagung

PALANGKA RAYA - Kegiatan ini berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Kota Palangka Raya. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memimpin Pembinaan Penyuluh Pertanian di Wilayah Kalimantan Tengah, Senin (11/12/2023). Kehadiran Mentan bertujuan mempercepat program mencetak sawah baru dari lahan rawa, dengan fokus pada peningkatan produksi padi dan jagung.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melanjutkan upayanya dalam meningkatkan produksi pangan di Indonesia dengan menghadiri kegiatan Pembinaan Penyuluh Pertanian di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Kota Palangka Raya, pada Senin (11/12/2023). Fokus kegiatan ini adalah untuk mempercepat program mencetak sawah baru dari lahan rawa, dengan harapan dapat meningkatkan produksi padi dan jagung di wilayah tersebut.

Dalam hasil wawancara, Mentan Andi Amran Sulaiman menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk membangun sawah baru sekitar 136.000 hektar lahan. Beliau menjelaskan bahwa lahan tersebut sudah siap untuk digunakan, dan mereka akan mengoptimalkan lahan yang sudah ada dengan tujuan mencapai target produktivitas.

"Ada lahan kita akan optimasi, yaitu IP-nya hanya satu, itu 100.000 lebih. Kita bagaimana menjadikan dua dan tiga, itu target kita," ungkap Mentan Andi Amran Sulaiman. Beliau juga mengungkapkan kunjungannya ke food estate, di mana upaya tanam langsung dilakukan setelah pelantikan dan berhasil mencapai tinggi tanaman jagung yang memuaskan dalam waktu 40 hari.

Mentan juga menyampaikan bahwa hasil kunjungannya memberikan optimisme, dengan tanaman jagung dan ubi yang subur. Beliau berharap, dengan tindak lanjut yang baik, produksi padi dan jagung di Kalimantan Tengah akan semakin meningkat dan memberikan kontribusi positif terhadap ketahanan pangan nasional.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments