Barut

PT.HMI Bantu Korban Banjir Wilayah Sekitar Sungai Lahei

BARITO UTARA - Banjir merendam puluhan perkampungan warga di pesisir sungai Barito. Seperti di Kecamatan Lahei Barat , Lahei Teweh Baru, Teweh Tengah, Teweh Selatan dan Montallat.

Dari beberapa Kecamatan tersebut yang paling berdampak adalah wilayah dataran rendah termasuk kota Muara Teweh.  Sejumlah jalan protokol tak luput dari rendaman banjir, bahkan pasar Pendopo dan sejumlah pusat ekonomi yang berada di jalan Panglima Batur juga terendam.

Selain itu sungai Lahei juga meluap mengakibatkan beberapa desa juga digenangi air. Kembali  PT.Hurung Mulusan Indonesia membagikan sembako kepada warga terdampak banjir di daerah sekitar sungai, Selasa (7/9/2021).

HRD PT.Haring Mulusani Indonesia Diana mengatakan, bantuan yang disalurkan bentuk kepedulian sosial di tengah masyarakat yang tertimpa banjir.

Menurut Diana, ada tiga Desa yang akan mendapat bantuan pihak perusahan, diantaranya Muara Inu, Muara Pari dan Karendan.

Pihak perusahaan berharap bantuan yang disalurkan bisa mengurangi beban warga dan warga diingatkan juga selalu menjaga kesehatan di tengah kondisi banjir yang parah saat ini.

Sementara itu Camat Lahei Rusihan, sangat menyambut baik bantuan yang diserahkan langsung oleh PT.HMI kepada masyarakat yang terdampak banjir,  Dengan adanya bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat. Warga Desa yang berada di sekitar sungai Lahei, seperti Hurung Enep, Juju Baru, Muara Inu, Tengahon,  Rahaden  dan Haragandang semua terdampak banjir. Ditambahkannya, bantuan yang diserahkan disaksikan pihak kecamatan, Danramil dan Kapolsek ada tiga Desa yang diserahkan diantaranya Muara Inu, Muara Pari dan Desa Karendan.

Pada saat yang sama Kapolsek Lahei, Iptu Anis yang ikut mengawal pendistribusian bantuan mengatakan,  ada beberapa titik bantuan yang telah disalurkan.Bantuan juga diharapkan dapat diterima oleh yang berhak.

Menurut mantan Kasat Sabhara Polres Katingan ini, pendistribusian oleh pihak perusahaan melewati aparat desa setempat, karena kondisi banjir yang parah, khususnya di sekitar sungai Lahei.

Kepala Desa Muara Pari, Mukti Ali sangat berterimakasih kepada pihak managemen perusahaan yang telah menyerahkan bantuan sembako kepada warga sekitar.

Menurut Mukti Ali,  saat ini ada 200 kepala keluarga di Desa Muara Pari,  hampir 70 persennya tertimpa banjir. Dengan adanya bantuan oleh PT. HMI, diharapkan diikuti oleh perusahaan lainnya,apalagi ada beberapa perusahaan yang berinvestasi di wilayah tersebut.

 

(Mardedi/Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments