P. Pisau

Pulang Pisau Raih Zona Putih dari PMK: Langkah Pencegahan dan Edukasi Terus Dilakukan

PULANG PISAU -  Saat ini, bisa dipastikan Pulang Pisau telah mencapai status zona putih setelah berhasil terbebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau, Godfridson, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ibrahim.

Ibrahim dalam wawancara telepon via WhatsApp kepada awak media pada hari Minggu (28/o4/2024).mengatakan, "PMK seringkali menjadi ancaman bagi ternak sapi, namun di wilayah kami, kita telah mencapai zona putih. Namun, hal ini harus dipertahankan dengan penerapan langkah-langkah pencegahan, seperti pengawasan ketat terhadap lalu lintas hewan yang rentan terhadap PMK, serta memberikan edukasi kepada para peternak agar aktif dalam menjaga kesehatan ternak mereka," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa sebagai langkah pencegahan, setiap ternak yang masuk ke Kabupaten Pulang Pisau harus melewati uji laboratorium untuk memastikan bahwa ternak tersebut sehat dan tidak membawa penyakit.

Saat ini ia mengatakan berbagai upaya telah dilakukan untuk pencegahan dengan memberikan vaksinasi PMK kepada 10.000 ekor ternak, dengan harapan dapat melindungi mereka dari penyakit atau virus tersebut.

"Kami juga telah mempersiapkan Puskesmas yang dilengkapi dengan dokter hewan ahli, sehingga para peternak dapat dengan cepat membawa ternak yang sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat," tutupnya dengan harapan akan terus mempertahankan status zona putih dari PMK.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments