Katingan

Raker Dan Apel Kapakat II Batamad Perkuat Masyarakat Adat Dayak

KATINGAN - Rapat Kerja dan Apel Kapakat II Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak ( BATAMAD) Kalimantan Tengah diikuti oleh ribuan anggota Batamad dari berbagai daerah, dengan tema Perkuat Persatuan Masyarakat Adat Dayak dan Sukseskan Pileg dan Pilpres thn 2024, di obyek wisata Bukit Batu Kasongan, pada sabtu ( 27/01/2024).

Rapat Kerja dan Apel Kapakat II Batamad Kalimantan tengah tersebut selain diikuti oleh ribuan anggota Batamad dari berbagai daerah, juga dihadiri oleh Pj Bupati Katingan, Staf ahli Gubernur, unsur Forkopinda dan beberapa tokoh masyarakat Dayak , yang di sambut dengan acara adat potong pantan dan tarian adat Dayak.

Dalam sambutannya Panglima Batamad Yuandreas mengatakan bahwa Batamad adalah Lembaga Adat untuk menegakan hukum adat, dan merupakan organisasi paramiliter yang mempunyai struktur Panglima di Tingkat Provinsi, Komandan Brigade Tingkat kabupaten, Komandan Zona Tingkat kecamatan, dan Komamdan tim tingkat desa.

Yuandreas  berharap pembangunan yang dilaksanakan pemerintah bisa difokuskan kepada kesejahteraan seluruh masyarakat dan terutama masyarakat Dayak, karena masyarakat Dayak adalah objek dan subjek di Kalimantan tengah ini.

Panglima juga berpesan agar jangan mengkriminalisasi masyarakat adat Dayak. Batamad, mengajak Dayak selalu menjaga kebersamaan, bermasyarakat dengan baik, serta berharap kepada semua orang yang hidup di Kalteng ini menjunjung falsafah Di mana Bumi Dipijak Di situ Langit Dijunjung.

Deddy Heronaldo Thamus selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan Raker dan Apel Kapakat II ini di ikuti oleh 1.300 lebih anggota Batamad dari 13 kabupaten kota, selain itu Batamad juga akan melakukan napak tilas ke Tumbang Anoi, Monumen Tambun Bungai dan ke Makam pimpinan GMTPS Ch. Simbar di Barsel.

Dalam Apel Kapakat tersebut juga dirangkai dengan pemberian baret kehormatan kepada Pj Bupati Katingan dan pemberian penghargaan kepada beberapa tokoh Dayak dan kepada anggota Batamad yang mempunyai loyalitas dalam kemajuan Batamad.

 

(Altius)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments