P. Pisau

Rakerkesda Kalteng 2024 Bahas Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Emas

PULANG PISAU - Bertempat di Swiss-Bellhotel Danum Palangka Raya, berlangsung selama empat hari, mulai 26 hingga 29 Agustus 2024. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan mengadakan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) 2024. Tema Rakerkesda kali ini adalah “Penguatan Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Emas dan Kalteng Makin Berkah,” yang relevan dengan tantangan pembangunan kesehatan saat ini.

Rapat dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Dr. dr. Suyuti Syamsul, MPPM, yang mewakili Gubernur Kalteng. Dalam sambutannya, Suyuti menekankan pentingnya peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan, khususnya bagi masyarakat di daerah terpencil. Penguatan infrastruktur dan peningkatan kapasitas tenaga medis juga menjadi fokus utama, termasuk memperluas program kesehatan masyarakat seperti imunisasi dan pencegahan penyakit tidak menular.

Suyuti juga menyoroti pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan layanan kesehatan melalui telemedicine dan sistem informasi kesehatan. Partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan mereka sendiri melalui program promotif dan preventif juga menjadi perhatian utama. Selain itu, ia menekankan pentingnya kolaborasi antar sektor untuk mencapai hasil kesehatan masyarakat yang optimal, termasuk kerjasama dengan sektor pendidikan, ekonomi, dan lingkungan.

Acara ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan dan berbagai sektor, yang membahas kebijakan pembangunan kesehatan dan peran lintas sektor dalam mendukung bidang kesehatan. Rakerkesda dihadiri oleh sekitar 300 peserta, termasuk perwakilan Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, rumah sakit, perguruan tinggi, organisasi profesi, serta mitra kesehatan dari komunitas kesehatan, penyalur alat kesehatan, dan pedagang besar farmasi yang turut pula mengikuti.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments