Barsel

Rapat Koordinasi Pemkab Barito Selatan Bahas Penanganan Pasca Banjir, DBD, dan Kamtibmas

BUNTOK - Adanya gelaran rapat koordinasi untuk membahas tiga isu strategis yang meliputi penanganan pasca banjir, Demam Berdarah Dengue (DBD), dan situasi Kamtibmas pasca pemilu. Antara Pemerintah Kabupaten Barito Selatan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)

(Pj) Bupati Barsel, Deddy Winarwan selaku pelaksana tugas mengatakan, "Pada rapat koordinasi Forkopimda tahun 2024 ini, kami membahas tiga isu strategis terkait penanganan pasca banjir, DBD, dan situasi Kamtibmas pasca pemilu serta langkah-langkah tindak lanjutnya," ujarnya.

Winarwan menyebut bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah melaporkan upaya yang dilakukan dalam penanganan pasca banjir, termasuk pembangunan posko siaga, dapur umum, dan distribusi bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir.

"Sementara itu, dalam penanganan DBD, Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama RSUD Jaraga Sasameh Buntok telah melakukan kegiatan pengasapan (fogging) serta sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk kepada masyarakat," tambahnya.

Winarwan menekankan pentingnya tiga langkah pencegahan yang dianjurkan kepada masyarakat, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang-barang bekas yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD.

"Dinkes juga gencar melakukan sosialisasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta pembagian bubuk abate di beberapa lokasi di daerah ini," paparnya.

Sementara itu, terkait situasi Kamtibmas pasca pemilu, laporan telah disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barito Selatan.

"Kapolres Barito Selatan, AKBP Asep Bangbang Saputra, juga menyampaikan upaya antisipasi terhadap peredaran narkoba dalam rapat ini," lanjut Winarwan.

Ketua KPU Barito Selatan, Roslina, menegaskan bahwa pelaksanaan pemilu di Barito Selatan berlangsung aman, tertib, dan lancar. "Saat ini, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang melaksanakan rapat pleno yang dijadwalkan hingga akhir Februari 2024. Selanjutnya, rapat pleno di tingkat kabupaten Barito Selatan akan dilaksanakan pada tanggal 3-5 Maret 2024," ungkapnya.

Roslina juga mengimbau agar klaim perolehan suara yang beredar ditanggapi dengan bijaksana dan menunggu hasil resmi dari rapat pleno yang akan dilakukan oleh KPU Barito Selatan.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments