P. Raya

Rapat Tahunan Ke- 42 KPRI

PALANGKA RAYA - Rapat Anggota Tahunan Ke-42 KPRI Isen Mulang dilaksanakan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng dan dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan, Drs. H. Suhaemi, M.Si mewakili Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin selaku Pembina KPRI Isen Mulang, Sabtu (9/3/2024).

Suhaemi dalam sambutan mengatakan, Rapat Anggota Tahunan dari sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan karena Rapat Anggota Tahunan merupakan ciri dan sendi utama sebuah koperasi.

Sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya dimana setiap anggota mempunyai hak berbicara untuk menyampaikan pendapatnya,"Ucap Suhaemi.

Dengan terselenggaranya Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara teratur menunjuk-kan bahwa pengurus KPRI Isen Mulang    telah   memenuhi   salah   satu   kewajiban   yang telah diamanatkan Pasal 30 Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. 

“RAT kali ini begitu penting karena selain membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan merembukkan bersama berbagai persoalan, keluhan dan solusi dari apa yang kita hadapi dalam berkoperasi yang nantinya dituangkan dalam bentuk Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan Koperasi, RAT KPRI Isen Mulang yang ke-42 ini juga akan ada pemilihan pengurus dan pengawas periode 2024-2026,"Jelasnya.

Selaku Pembina KPRI Isen Mulang saya mengucapkan terima kasih sekaligus penghargaan atas dedikasi dan kinerja yang telah dilakukan jajaran Pengurus dan Pengawas selama masa kepengurusan. Dan kepada seluruh anggota yang hadir pada RAT hari ini, saya berpesan pilihlah pengurus dan pengawas yang memiliki integritas, amanah dan transparan serta memiliki komitmen kuat dalam pengembangan dan pemajuan KPRI Isen Mulang,"Tuturnya.

Pada kesempatan ini, Suhaemi  mengajak seluruh anggota koperasi yang hadir dapat menggunakan hak berbicara dan menyampaikan aspirasinya, sehingga pertanggungjawaban yang disampaikan pengurus dapat diterima dan dipahami dengan baik. Semakin banyak anggota yang berpartisipasi secara aktif maka akan semakin baik dan dapat memperoleh hasil keputusan dan kebijakan yang sesuai dengn harapan dan kebutuhan anggota koperasi.

Suhaemi menambahkan,  secara umum KPRI Isen Mulang telah mampu mempertahankan eksistensi dan menunjukkan kemampuan kompetitif di tengah merebaknya pinjaman online (pinjol) dan pinjaman lembaga keuangan lainnya yang serba mudah dan instan. 

Pada tahun buku 2023 KPRI Isen Mulang melayani sebanyak 324 transaksi dengan nilai piutang simpan pinjam mencapai Rp 6.582.815.471 dan menghasilkan pendapatan sebesar Rp 1.481.575.937,- (satu miliar empat ratus delapan puluh satu juta lima ratus tujuh puluh lima ribu sembilan ratus tiga puluh tujuh rupiah) atau 98,8% dari target yang ditetapkan yaitu Rp 1,5 miliar namun masih sedikit lebih besar dari capaian tahun sebelumnya yakni Rp 1,4 miliar rupiah.

Sedangkan Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Tahun Buku 2023 sebesar Rp 866.893.455,- (delapan ratus enam puluh enam juta delapan ratus sembilan puluh tiga ribu empat ratus lima puluh lima rupiah), melampaui target yang ditetapkan saat RAT tahun lalu yaitu Rp 722.350.000,- dan juga lebih besar dari SHU tahun 2022 yakni 769.653.981,- (tujuh ratus enam puluh sembilan juta enam ratus lima puluh tiga ribu sembilan ratus delapan puluh satu rupiah).

“Saya meminta agar KPRI Isen Mulang berakselerasi menghadapi tuntunan zaman era digital dalam memberikan layanan dan kemudahan kepada anggota agar mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Lakukanlah berbagai upaya untuk dapat bersaing dengan lembaga perbankan dan dapat bertransformasi menjadi koperasi modern yang sehat dan mandiri,"Tutup Suhaemi.

Kegiatan di Hadiri oleh, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Ketua dan jajaran Pengurus KPRI Isen Mulang,.Pengawas Koperasi Kota Palangka Raya, Penyuluh Koperasi Kota Palangka Raya dan Para Anggota dan Hadirin Peserta Rapat Anggota Tahunan.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments