P. Raya

Ratusan Mahassiswa Demo Di Gedung DPRD Kalteng

PALANGKA RAYA - Aksi demo ratusan mahasiswa berlangsung di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, para demontrasi gabungan dari organisasi kemasyarakatan pemuda dan sejumlah perguruan tinggi di kota palangkaraya. Para demonstran mengorasikan pelemahan KPK.

Aksi demontrasi dari berbagai perguruan tinggi di Kota Palangka Raya, Kaliman Tengah berkumpul di depan gedung kantor DPRD Kalteng Jumat 02 Juli 2021.

Aliansi gerakan bersama KPK atau gebrak yang dilakukan para demonstran tersebut menyampaikan orasi perihal pelemahan KPK, sejumlah atribut berupa spanduk dipapangkan di depan gedung DPRD.

Guna mengantisipasi terjadinya kericuhan ratusan personel polisi di terjunkan untuk mengamankan jalannya demontrasi.

Juru bicara aksi demonstrasi Rizki Oktafiandi menyampaikan, orasi yang di sampaikan tersebut menuntut agar dipekerjakannya kembali 75 pegawai KPK yang sebelumnya dinonaktifkan serta menuntut Ketua KPK Firli Bahuri untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Pihaknya berharap kepada Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan UU nomor 19.

Tujuan aksi ini juga meminta sikap DPRD kalimantan tengah menolak segala bentuk pelemahan KPK.

Namun setelah berorasi, tidak ada satupun perwakilan dari dprd kalteng hadir menemui demonstran. Selanjutnya para demonstran memberikan kartu kuning sebagai peringatan dan akan kembali lagi dengan jumlah massa yang lebih banyak.

Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, menyebutkan bahwa aksi massa tersebut tidak memiliki izin setelah surat pemberitahuan ditolak. Penolakan mengingat pandemi Covid-19 di Palangka Raya masih cukup tinggi.

Ditanyakan terkait tidak adanya upaya paksa pembubaran dari aparat kepolisian, Jaladri menekannya jika pihaknya masih memberikan kesempatan kepada mahasiswa.

 

 

(Surya Adi Winata Dan Hary Reymondo)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments