Business

Raungan sirine Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, di Barito Utara

MUARA TEWEH - Peringatan hari Kesiapsiagaan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Barito Utara (BPBD Barut) membunyikan serine serentak berkeliling kota Muara Teweh, sekaligus memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat di daerah setempat, Selasa (26/4/2022).

Kepala Pelaksana BPBD Barito Utara H. Gazali Montallatua, S.Sos. M.AP, menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan dukungan seluruh komponen masyarakat dalam rangka penanggulangan bencana di Kabupaten Barito Utara.

Diutarakan H Gazali, BPBD Barito Utara melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Kesiapsiagaan dalam rangka pengurangan resiko bencana dan penanggulangan bencana di daerah ini,  dengan motto,  Siap Untuk Selamat. Subtema, Keluarga Pilar Ketangguhan Bangsa Menghadapi Bencana. 

Untuk itu pihaknya berterima kasih atas segala partisipasi dan dukungan dari semua komponen masyarakat di daerah ini, karena penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan sendiri oleh BPBD, melainkan harus bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di Barito Utara, baik masyarakat, dunia usaha dan pemerintah sehingga kita terhindar dari bencana dan bahaya.

 Kesiapsiagaan bencana perlu dibangun sejak dini, dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, karena kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana menentukan besar kecilnya risiko dan dampak bencana yang akan diterima.

Keluarga yang bisa melaksanakan simulasi penanggulangan bencana di rumah tangga, baru kemudian dilaksanakan di RT dan RW, di desa dan kelurahan hingga di tingkat kecamatan sampai kabupaten.

Semua bisa melakukan simulasi dan upaya evakuasi apabila terjadi bencana. Hal ini yang harus diketahui dan dilaksanakan Bersama. Untuk itu perlu partisipasi dan dukungan dari seluruh masyarakat agar terhindar dari bencana dan bahaya.

Gazali menuturkan, sesuai arahan Kepala BNPB Pusat, pada hari ini Selasa 26 April 2022 untuk membunyikan sirene serentak seluruh Indonesia pada pukul 10:00 WIB. BPBD Barito Utara dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan membunyikan sirene secara serentak mengelilingi kota Muara Teweh sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat.

(Mardedi / Syarbani)

 

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments