P. Pisau

Ribuan Vaksin PMK diterima Pemkab Pulang Pisau

Pulang Pisau – Untuk mencegah penyebaran virus PMK dilakukan penyuntikan vaksin pada hewan, Saat dikonfirmasi awak media, Kabid Peternakan pada Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Ibrahim selaku Koordinator Sekretariat Posko PMK Penanganan Kabupaten Pulang Pisau mengiyakan hal tersebut.

Menurut Ibrahim menjelaskan pada awak media sejumlah tujuh ternak sapi yang terkonfirmasi PMK, tiga ternak sapi dinyatakan sembuh dan empat ternak sapi lainnya di potong paksa dan langsung dilakukan penguburan untuk mencegah semakin meluasnya virus PMK tersebut.

”Potong paksa empat ternak sapi itu dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran PMK,” ujarnya menjelaskan

Pennyuntikan vaksin kepada ternak-ternak sapi, yang pelaksanaanya di lakukan sebelum hari raya kurban, sebanyak 300 dosis dan sebagai antisipasi dilakukan penyemprotan disinfektan ke kandang-kandang sapi dan memberikan sosialisasi kepada para peternak sapi.

”Berdasarkan informasi yang diterima, hari ini kita akan mendapatkan tambahan vaksin sebanyak 4300 vaksin, yaitu  vaksin boster sebanyak 300, untuk dosis 1 dan 2. sebanyak 2000,  di rencanakan vaksin akan di amankan sementara di satgas PMK dan sesuai jadwal akan di aplikasikan pada ternak menurut jadwal prioritasnya  ,” tandasnya lagi

Ia menghimbau kepada para peternak sapi jika ada ternak mengalami gejala demam, nafsu makan berkurang agar segera mengubungi Poskeswan di masing-masing wilayah atau ke Pos Komando Penanganan PMK di Kantor BPBD Pulang Pisau agar segera mendapatkan penanganan secara cepat.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments