Kalteng

Ribuan Warga Kumai Menghadiri Tablig Akbar Haul Ke 2 Kai Bagong

PANGKALAN BUN - Ribuan umat muslim di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, menghadiri Tablig Akbar, Haul ke 2 kai bagong bertempat, di komplek pemakaman umum, tanah merah Kelurahan Candi, Kecamatan  Kumai, pada jumat malam 03/02/2023.

Tablig akbar haul ke 2 kai bagong, dihadiri Pj. Bupati Anang Dirjo, dan PJ Sekda Kobar Juni Gultom, serta para tokoh masyarakat Kumai, dan keluarga keturunan kai bagong. Dalam acara tersebut, hadir pula Pangeran Muasjidinsyah, dari kekerabatan kesultanan Kutaringin, Mantan Bupati Kobar Hajah Nurhidayah, bersama Haji Muhamad Ruslan, tokoh masyarakat Kotawaringin Barat.

Tablig Akbar Haul ke 2 kai bagong, merupakan bentuk penghargaan, yang diberikan masyarakat, kepada sosok pejuang pertempuran, 14 Januari 1946 dikecamatan Kumai, yang bernama asli Saifan Bin Sito, atau yang lebih akrab dan dikenal, dengan sebutan kai bagong.

Makam almarhum Saifan Bin Sito, atau kai bagong berada di tengah, komplek pemakaman umum, tanah merah di Kelurahan Candi, Kecamatan Kumai.  Rencana kedepannya acara tablig akbar Haul Kai Bagong, akan terus dilakukan oleh warga yang tinggal, di Kecamatan Kumai karena jasanya, sebagai pejuang pertempuran 14 januari 1946, dan pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia.

Nama kai bagong disematkan pertama kali oleh warga tionghoa, yang membantu saat kapal dagang, yang hendak masuk keperairan, teluk kumai akan dirampok, oleh kawanan bajak laut  namun gagal dilakukan. Hal ini diketahui dari sejarah singkat, yang dibacakan oleh kekerabatan, kesultanan Kutaringin Istana Kuning.  

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments