Katingan

Rudi Hartono Mendorong Penanganan Jalan Alternatif Kilometer 30 Tumbang Samba

KATINGAN - Adanya isu yang berkembang mengenai kondisi jalan di Kilometer 30 Tumbang Samba, Kabupaten Katingan. Jalan tersebut menjadi jalur alternatif bagi pengendara ketika Jembatan Kasongan ditutup untuk perbaikan. Hal tersebut diungkapkan salah satu Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono,

Pada hari Rabu, 05/04/2023, Ia mengatakan, “Kondisi jalan di sana sangat padat, dan membutuhkan perhatian khusus. Banyak kendaraan yang mengalami amblas karena tingginya volume lalu lintas, sementara jalan belum diaspal dan masih dalam kondisi pengerasan, dalam artian masih membutuhkan waktu dalam penyelesaiaannya,” ujarnya.

Rudi menyarankan agar pemerintah setempat dapat melibatkan instansi teknis, seperti Dinas Perhubungan, untuk mengatur lalu lintas di daerah tersebut. Dengan demikian, situasi yang sering kali menyebabkan kemacetan akibat amblas dapat diatasi dengan lebih baik.

Ia menjelaskan situasi yang ada dilapangan saat ini, “Keadaan yang sangat miris kalo kitalihat, pada saat terjadi amblas, pertolongan tidak selalu cepat. Bahkan, ada yang harus menunggu hingga 5 jam untuk mendapatkan bantuan. Ini adalah masalah yang harus menjadi perhatian bersama untuk mengatasinya,” katanya lugas.

Menurut Rudi lanjut, mengingat jalan tersebut merupakan jalur alternatif yang pasti akan dilalui pengendara, perlu adanya pengaturan lalu lintas yang lebih baik. Pihak instansi teknis bisa memberikan bantuan segera saat terjadi amblas, sehingga lalu lintas di daerah tersebut dapat tetap lancar tanpa adanya hambatan.

Teakhir ia menyampaikan, “Banyak pengendara yang terburu-buru, tanpa memperhitungkan risiko. Terlebih lagi, di sana juga dilalui oleh kendaraan ber-tonase besar. Jika terjadi amblas, bantuan tidak selalu tersedia dengan cepat. Seharusnya, bukan hanya soal cepat tiba, tetapi juga bagaimana antisipasi dan penanganan yang tepat saat masalah terjadi,” tutupnya tegas.

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments