P. Raya

Sahli Gubernur Kalteng Bidang KSDM Hadiri Pelatihan Dasar Akustik Sound Masjid dan Teknik Miking

PALANGKA RAYA – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi buka Pelatihan Dasar Akustik Sound Masjid dan Teknik Miking, bertempat di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng.

Suhaemi mengatakan kegiatan pelatihan ini dapat menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para takmir atau pengurus masjid, terutama dalam mengoperasikan peralatan sound system, sehingga akan mendukung pelaksanaan ibadah dan kegiatan lainnya di masjid agar dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

”Kualitas pengaturan alat pengeras suara masjid sangatlah penting. Apabila suara yang dikeluarkan sound system terdengar pecah, krasak-kresek, dan hilang timbul, tentunya akan dapat mengganggu konsentrasi dan bahkan kekhusyukan jamaah dalam melaksanakan ibadah,” ujarnya.

Menurutnya, alat pengeras suara di masjid perlu diatur dengan baik, agar pesan moralnya bisa terdengar jelas dan tersampaikan kepada seluruh jamaah masjid. ”Namun demikian, pada kenyataannya mungkin saat ini masih belum banyak masjid, yang memiliki operator/personel yang benar-benar mengerti mengenai cara untuk mengoperasikan mixer, amplifer, speaker, dan teknik miking yang baik dan benar. Padahal, peralatan sound system ini sangat vital dalam pelaksanaan ibadah salat dan berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang di dalam masjid,” imbuhnya.

Suhaemi menambahkan, idealnya operator sound dalam masjid memahami akustik, sound, dan teknik miking, agar suara khatib, imam salat, dan penceramah menjadi suatu hasil keluaran suara yang pas dan nyaman didengar. ”Tanpa pengetahuan dan skill yang cukup, maka suara yang terdengar tidak akan optimal,” tandasnya. Nampak hadir selaku narasumber, Konsultan Akustik dan Sound Masjid Eep S. Maqdir dan para peserta pelatihan. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments