P. Raya

Sahli Gubernur Yuas Elko Hadiri Rakorda Sensus Pertanian 2023

PALANGKA RAYA - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko buka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Pertanian 2023, di Swiss-belhotel Danum Palangka Raya. Yuas menegaskan sektor pertanian adalah tulang punggung perekonomian di Kalteng.

"Pada tahun 2023, sektor ini menyumbang 21,50 persen dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), setara dengan 44,9 triliun rupiah. Posisi ini menempatkan sektor pertanian sebagai kontributor utama, disusul oleh sektor industri pengolahan dan sektor pertambangan," ujarnya.

Yuas menyebut, selain kontribusi terhadap ekonomi, sektor pertanian juga penyerap tenaga kerja terbesar. Lebih lanjut dikatakan, saat ini Kalteng memasuki fase evaluasi pelaksanaan Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024, sebagai kelanjutan dari Sensus Pertanian 2023.

Ia pun menambahkan, Provinsi Kalteng mendapatkan kepercayaan besar dari Pemerintah Pusat untuk pengembangan Program Strategis Nasional Food Estate dan Cetak Sawah Baru, sehingga ke depan diproyeksikan sebagai salah satu Lumbung Pangan Nasional. Dengan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, Yuas optimis Kalteng akan mampu menghasilkan data yang akurat dan kebijakan yang relevan.

Turut hadir Direktur Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan BPS RI Eko Marsoro, para narasumber yakni dari Bappedalitbang Prov Kalteng Yoyo dan Universitas Palangka Raya Tri Yuliana Eka Sintha, Kepala Dinas TPHP Prov Kalteng Hj Sunarti, Kepala BPS Kabupaten/Kota se-Kalteng, Sekretaris Dinas Kehutanan Prov Kalteng Ansar, Kepala Instansi Vertikal Prov Kalteng, serta Akademisi.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments