Nasional

Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah 2023 M Warga Desa Marobea Gelar Takbir Keliling

MUNA BARAT - Menyambut hari raya idul fitri 1444 hijriah 2023 masehi. Warga Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi, tenggara gelar pawai obor  takbir keliling dengan berjalan kaki, Jum'at (21/4/2023) Gemuruh gema takbir tahmid dan tahlil, dilantunkan ratusan warga Desa Marobea, diikuti oleh  anak-anak, remaja, ibu-ibu dan tokoh masyarakat dari 2 dusun.

Takbir dilepas langsung Kepala Desa Marobea Muslimin Salim S.Pd, yang kerap disapa cak imin, serta dihadiri oleh seluruh perangkat desa setempat, namun tanpa di hadiri sekretaris setempat. Kepala Desa Marobea Cak Imin mengatakan, kegiatan takbir keliling kampung adalah upaya masyarakat untuk menyambut hari raya idul fitri 1444 hijriah yang telah mendapat izin dari kapolsek sawerigadi Kabupaten Muna Barat.

Rute pawai dimulai dari masjid nurul iman, menuju perbatasan  Desa Lakalamba. Kemudian balik menuju timur desa ondoke perbatasan desa marobea. Sesampainya di perbatasan warga pawai obor kembali ke rute semula. Setelah pawai takbir, dilanjutkan pembakaran 32 lampion, hasil kreatifitas pemuda setempat abdul wahid. Acara pawai takbiran  berlangsung aman dan lancar.

Salah seorang tokoh agama desa marobea, Abdul Hamid mengatakan pawai obor yang dilakukan oleh warga marobea, bertujuan untuk meningkatkan syiar islam khususnya di desa marobea, serta sebagai penggerak untuk membangun generasi muda yang berakhlak karimah.

(Laode Abubakar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments