Kotim

Sebanyak 2.300 Masker Gratis sebagai Respons Terhadap Kabut Asap dibagikan Diskes Kotim

SAMPIT -Pada hari Senin, 02/10/2023, Dalam tanggap darurat akibat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda daerah ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah mengambil langkah proaktif dengan membagikan masker gratis langsung kepada masyarakat.

Bertempat di Gedung Pusdalops Kantor BPBD Kotim. Kepala Dinas Kesehatan, Umar Kaderi, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Nugroho Kuncoro Yudho, menyampaikan informasi ini saat rapat evaluasi status tanggap darurat karhutla.

Sebanyak 2.300 masker gratis dibagikan di tiga lokasi strategis, yaitu di simpang Sawit Raya, simpang Jalan A Yani dengan Jalan HM Arsyad, serta simpang SMA 3 Sampit dengan SMK 1 Sampit. Selain itu, KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) juga turut membagikan 300 masker gratis di simpang Pramuka.

Kepada wartawan, Nugroho menjelaskan bahwa kabut asap yang tebal pada hari Senin, 02/10/2023, sangat mengkhawatirkan. Selain menyebabkan keterbatasan jarak pandang, kabut asap juga berpotensi merugikan kesehatan masyarakat. Peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) menjadi perhatian serius, dengan jumlah kasus semakin meningkat.

Tindakan proaktif Dinkes Kotawaringin Timur ini bertujuan untuk meminimalkan dampak kesehatan akibat kabut asap serta mengurangi risiko penularan ISPA. 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments