P. Raya

Sebanyak 70 Perwakilan UMKM  terima Bantuan Pemprov Kalteng

PALANGKA RAYA – Bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, belum lama ini. Ivo Sugianto Sabran selaku Ketua TP PKK Kalteng memberikan bantuan secara simbolis kepada 70 orang perwakilan UMKM yang ada di Kota Palangka Raya, pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Dinas Koperasi se-Kalteng dan Workshop Menggali Ide Bisnis Bagi Wirausaha Pemula Tahun 2022

Bantuan tersebut diserahkan Sebagai bentuk kepedulian kepada pelaku UMKM, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memberikan bantuan produktif bagi 5.000 UMKM Akbar di Kalteng, bantuan itu akan langsung diberikan ke rekening pribadi para UMKM melalui PT. Bank Kalteng senilai Rp2.500.000 per orang.

Nuryakin selaku  Sekretaris Daerah Prov. Kalteng mengatakan, jumlah UMKM di Provinsi Kalteng terus mengalami peningkatan sampai dengan tahun 2022 sebanyak 121.458 UMKM, jumlah ini akan terus meningkat di tengah pertumbuhan ekonomi dan atensi Pemerintah terhadap UMKM.

Ujarnya “Dari Online Data System (ODA), Perkembangan jumlah koperasi sampai periode bulan November 2022 adalah sebanyak 3.539 unit, dimana koperasi aktif berjumlah 2.857 unit dan tidak aktif 682 unit, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia,” katanya, Jumat (18/11/2022).

Pemprov Kalteng saat ini  juga sedang membangun suatu sistem informasi untuk melakukan inventarisasi, pemberdayaan dan peningkatan kualitas bagi para pelaku UMKM se-Kalteng melalui Sistem Informasi TABE (Tangan Berkah). Katanya  “ Harapan kita kegiatan ini bisa diikuti dengan baik, sehingga menambah pengetahuan dan pemahaman kepada para Pembina Koperasi dan UKM se-Kalimantan Tengah, serta mampu diimplementasikan untuk memajukan koperasi dan UMKM kedepannya dengan lebih baik,” katanya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments