P. Pisau

Sekda Pulang Pisau ingatkan Bahaya Ancaman Karhutla

Pulang Pisau – Belum lama ini Pemkab Pulang Pisau meminta untuk semua elemen selalu melakukan koordinasi terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mengancam Kabupaten Pulang Pisau setiap tahunnya.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah Pulang Pisau, usai memimpin rapat koordinasi karhutlah yang digelar Pemkab Pulpis beberapa waktu lalu. 

Melalui Pemkab Pulang Pisau, Buapati Pulpis  menyampaikan apresiasi yang tinggi ke seluruh elemen yang telah melakukan koordinasi instens beberapa tahun ini dalam melakukan pencegahan karhutla di wilayah Pulpis," ucap Sekda Pulang Pisau itu.

Sekda Pulang Pisau  juga menyampaikan tujuan koordinasi itu adalah dalam rangka mengkoordinasikan berbagai aspek di pemerintahan, swasta dan kelompok masyarakat sipil, TNI, Kepolisian dalam mengantisipasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya yang berpotensi menjadi ancaman Karhutla.

"Perlunya fokus melakukan penghijauan dan penanaman vegetasi untuk salah satu usaha untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor,” katanya lanjut.

Dampak infrastruktur untuk mengurangi bencana harus terus bersinergi antara masyarakat dan pemerintah dengan dilakukan pengecekan secara bersama dan berkala.

Lanjutnya  diperlukan diperlukan pelatihan waspada bencana, khususnya pada wilayah yang ikategorikan rawan bencana diantaranya sadar kebencanaan harus dimulai sejak dini dari individu, keluarga, komunitas, sekolah dan lingkungan masyarakat tentunya.

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments