Kapuas

Sekolah Di Kapuas Serentak Laksanakan ANBK

KAPUAS  - Sejumlah sekolah di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, melaksanakan Assesment Nasional Berbasis Komputer atau ANBK gelombang pertama yang dimulai pada senin, 13 september 2021, kemarin.

Di sekolah menengah pertama negeri atau SMPN tiga selat kabupaten kapuas sendiri, assesment nasional berbasis komputer atau ANBK diikuti sebanyak 45 orang siswa. Pelaksanaan ANBK disekolah ini pun dipantau langsung oleh kepala dinas pendidikan kabupaten kapuas, haji suwarno muriyat, didampingi kepala sekolah smpn tiga selat, harini irawati.

Assesment nasional berbasis komputer sendiri adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan kebudayaan riset dan tekhnologi atau kemdikburistek untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Assesment ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat dan memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Norbaiti siswi kelas delapan SMPN Tiga Selat Kapuas mengatakan,dirinya mempersiapkan diri untuk mengikuti anbk dengan cara belajar. Meskipun  baru pertama kali mengoperasikan komputer namun norbaiti mengaku senang mengikuti anbk di sekolahnya tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Haji Suwarno Muriyat mengatakan, assesment nasional berbasis komputer yang dilaksanakan serentak di seluruh indonesia merupakan yang pertama kalinya, sehingga dinas pendidikan kapuas pun melakukan berbagai persiapan.

Adapun salah satu persiapan yang dilakukan adalah melaksanakan trayout anbk dengan menggandeng pihak ketiga. Diharapkan dengan adanya trayout tersebut pelaksanaan assesment berbasis komputer saat ini tidak menemui kendala.

(Irfansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments