Nasional

Selamatan Sebelum Tunaikan Ibadah Haji 

SEKADAU - Selamatan Menjadi Sebuah Tradisi Di Indonesia Yang Digelar Dalam momen-momen tertentu. Bahkan saat akan berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Menunaikan ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang kelima bagi umat muslim, dan dilaksanakan setiap tahun.

Rukun islam yang kelima ini tidak semua umat muslim diwajibkan. Ibadah ini hanya wajib bagi yang mampu melaksanakan, baik secara fisik, rohani, maupun materi.  Seperti di ketahui, dalam dua tahun terakhir yaitu tahun 2020 dan tahun 2021 jemaah calon haji (JCH) asal indonesia tidak bisa melaksanakan ibadah haji karena pendemi covid-19.

Ada tradisi selamatan atau bagi jch sebelum berangakat ke tanah suci. Seperti yang ada di Dusun Peniti Kecamatan Sekadau Hilir Ini. JCH menggelar selamatan dengan mengundang sanak saudara, tetangga, bahkan warga satu desa di undang hadir di acara tersebut.

Dalam selamatan itu digelar doa bersama dan selawat berzanji. Kemudian JCH menghampiri satu persatu undangan untuk bersalaman. Salah seorang warga Desa Peniti, Sahbudin mengatakan, selamatan tersebut merupakan bentuk wajud rasa syukur bisa menunaikan ibadah haji.

Selain itu, calon jemaah haji juga berharap doa dari semua undangan. Agar selama pelaksanaan ibadah haji saat di tanah suci di berikan kelancaran kata dia.

Tidak hanya selamatan menjelang pemberangkatan. Selama berada di tanah suci, sanak famili bahkan tentangga sekitar menggelar doa bersama setiap malam di rumah jch tersebut, doa bersama itu dilakukan mulai dari keberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci sampai pulang ke tanah air kata dia.

Menurutnya, dalam selamatan itu juga dibacakan selawat. Tujuannya, agar hajat yang diinginkan oleh jch bisa tercapai. Selawat itu mempermudahkan tujuan yang dimaksud. Selain itu juga menghilangkan hal-hal yang negatif. Diganti hal yang positif, jelas sahbudin.

Selain itu orang yang akan berangkat ke tanah suci bersalam-selaman dengan undangan. Hal itu kata dia, tidak lain untuk meminta maaf, barangkali selama ini ada salah baik disengaja atau tidak. Bersalman itu akan meleburkan dosa, menghilangkan rada benci dan segalanya. Bahkan dalam hadist kalau ketemu orang dan bersalaman akan menghilangkan dosa.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments