P. Raya

Sendra Tari Isen Mulang Mengangkat Cerita Saluang Murik

PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, melalui UPT Taman Budaya membuka Festival Budaya  Isen Mulang Sendratari Edutainment  yang dilaksanakan di Temanggung Tilung, Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Minggu malam(21/5/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista Adiah Chandra Sari saat ditemui dalam acara mengatakan, Budaya Isen Mulang Sendratari kali ini kita mengangkat Cerita rakyat yaitu "Saluang Murik". Saluang murik sebagai cerita rakyat berarti fenomena alam yang ada dikawasan sungai Barito. Kebetulan juga ia berasal dari Muara Teweh sehingga tahu fenomena itu terjadi setiap tahun.

Biasanya disambut oleh masyarakat dengan penuh suka cita, masyarakat berkegiatan di tempat tempat di pinggiran sungai untuk mencari saluang murik. Kemudian bersama sama membersihkan saluang murik untuk dikeringkan, “Ini menjadi ciri khas khususnya daerah Kabupaten Barito Utara,” jelas Adiah.

Kabupaten Barito Utara akhirnya terkenal dengan Saluang Teweh, yang menjadi Inspirasi kami dalam membuat pertunjukkan sendratari ini, mudah mudahan kita berharap akan banyak lagi para pelaku seni menggali  potensi, fenomena fenomena alam yang mampu menjadi  inspirasi atau potensi untuk dijadikan pertunjukkan sendratari seni dan budaya yang menarik.

Masyarakat Kalteng khususnya harus tahu adat budaya seni tari dan cerita nenek moyang kita jaman dahulu. Semoga adanya kegiatan Sendra tari Isen Mulang yang mengangkat cerita Saluang Murik kita bisa mengambil hikmah dalam cerita rakyat ini. Sehingga kita mengenal fenomena apa saja yang ada di kalteng, tidak hanya di Barito Utara dengan Saluang Murik.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments