Kalteng

Siaga lonjakan pasien Gastroenteritis di Puruk Cahu

Puruk Cahu - Rahmanto Muhidin, selaku Wakil Ketua II DPRD Murung Raya, menyoroti masalah yang dihadapi di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Puruk Cahu terkait gastroenteritis, penyakit usus yang ditandai dengan diare, kram, mual, muntah dan demam., juga dikenal sebagai muntaber.

Kasus gastroenteritis juga dapat digolongkan sebagai penyakit yang dikenal rentan dengan factor kebersihan , sehingga orang tua harus waspada bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan dan memperhatikan kebiasaan makan di rumah, mengingat penyakit ini mudah menyerang anak kecil.

Rahmanto menjelaskan perlunya penyiapan unsur kesehatan mulai dari pemberangkatan hingga penanganan maksimal pasien yang terus meningkat sejak sebulan terakhir.

“Dari Informasi data yg beredar, Sejak awal Agustus 2022 peningkatan terus berlanjut hingga jumlah pasien di RSUD Puruk Cahu bertambah. Tentunya diperlukan tindakan proaktif yang cepat agar yang mengalami hal tersebut dapat ditangani seefektif mungkin. .kasus muntah-muntah,” katanya , Jumat (2/9/2022).

Ia juga berterima kasih kepada pihak RS Puruk Cahu yang telah merespon peningkatan kasus beberapa hari ini.

“Salah satunya adalah penambahan kamar rumah sakit agar pasien masyarakat Murung Raya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal di tengah kasus gastroenteritis yang dinilai cukup berbahaya jika tidak ditangani secara intensif,” ujarnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments