P. Raya

Siswandi Minta Pemda Serius Merespon Kekurangan Tenaga Guru Di Pelosok Kalteng

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi mengatakan, keberadaan guru atau tenaga pendidik sangat penting agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar sehingga upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) terutama di pelosok bisa berjalan maksimal.

Oleh sebab itu kekurangan tenaga guru atau pendidik di wilayah pelosok Kalteng harus bisa menjadi perhatian serius pemda.

"Untuk memenuhi kebutuhan guru di pelosok harus ada solusi dari pemerintah," ujarnya, Selasa, 29 November 2022.

Dia mengungkapkan, kekurangan guru di wilayah pelosok ini diakibatkan banyaknya guru  yang pindah tugas ke wilayah perkotaan dan enggan bertugas di daerah terpencil dengan berbagai alasan, seperti akses yang jauh hingga sarana atau fasilitas penunjang yang tidak memadai.

Oleh karena itu, pemda wajib menyediakan fasilitas yang memadai, seperti rumah dinas guru dan juga tambahan tunjangan daerah terpencil, sehingga guru bisa berminat dan betah bertugas di daerah pelosok.

Selain itu lanjutnya, untuk mengantisipasi pindahnya guru ke kota, ada baiknya sebelum guru itu ditugaskan di pelosok perlu diperhatian terlebih dahulu darimana guru tersebut berasal, sehingga mereka bisa ditempatkan kembali ke daerah asalnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments