P. Pisau

Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi SIKS-NG oleh Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau

Pulang Pisau – Bertempat di Aula Dinas Sosial (Dinsos) baru baru ini, Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau belum lama ini melaksanakan sosialisasi dan pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Neks Generasion (SIKS-NG).

Menurutnya Aplikasi SIKS-NG adalah Aplikasi yang disiapkan oleh Kementrian Sosial untuk perbaikan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan untuk verifikasi dan validasi penerima bantuan sosial, baik itu bantuan PKH, BPNT dan penerimaan bantuan iuran (PBI) atau BPJS gratis, ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Pulang Pisau itu mengatakan "Tujuan dari disiapkannys Aplikasi SIKS -NG ini adalah untuk meminimalisir dan mengurangi adanya inclusion error dan exclucion error," ucapnya.

Menurutnya "Aplikasi ini bisa mengatasi permasalahan bantuan sosial, pihak desa bisa memverifikasi penerima bantuan yang mana dianggap layak dipertahankan dan yang dianggap tidak layak bisa lngsung dikeluarkan, ujarnya.

Pihak desa juga bisa mengusulkan keluarga miskin yang belum terdaftar di DTKS agar bisa didaftarkan di DTKS sehingga memiliki peluang untuk mendapatkan bantuan dari karena salah satu syarat utama untuk mendapatkan bantuan dari Kementrian Sosial adalah harus terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS.

Ditempat lain Kabid Pemberdayaan Sosial dan PFM Afrini FF Wior menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi dan pelatihan Aplikasi KIKS – NG juga telah dilaksanakan di Kecamatan Maliku, Pandih Batu, Kahayan Tengah, Kahayan Kuala, Banama Tingang dan hari ini dilaksanakan di Kecamatan Kahayan Hilir, tutupnya.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments