P. Raya

Sosok Muda Multi Talenta Heru Hidayat

PALANGKA RAYA  - H. Heru Hidayat, ST, M.Pd. sosok yang satu ini pernah menjabat di DPRD provinsi Kalteng  untuk daerah pemilihan dapil  Kotim dan Seruyan. Ditemui media di kantor DPW PKS, Jalan G.Obos, Palangka Raya, Sabtu sore (10/2/2024).

Cukup mudah untuk mengenali sosok yang satu ini. Ketik saja namanya pada penelusurun google maka akan banyak ditemukan jejak digital yang menginformasikan aktivitas, sikap, gagasan dan pandangannya mengenai pendidikan, sosial politik dan pemberdayaan masyarakat. Pria kelahiran Cimanggu , Jawa Tengah 26 April 1980 ini dikenal dekat dengan kalangan anak muda. Sosoknya yang low profile, ramah, energik dan senantiasa memiliki banyak gagasan serta terobosan dalam kepemimpinan. 

Program pemberdayaan terhadap anak-anak muda di Kalimantan Tengah tidak perlu diragukan lagi. Banyak anak muda yang menjadi binaannya dan kemudian aktif dalam berbagai profesi serta organisasi.

Dalam dunia pendidikan, Heru kini tercatat sebagai Ketua Yayasan Mutiara Tarbiyah yang membawahi Sekolah Sahabat Alam. Sekolah yang kini terus berkembang dari PAUD, TK, SD, SMP ini telah menjadi sekolah percontohan bagi banyak sekolah termasuk menjadi sekolah inklusi.

Selain itu, Heru merupakan CEO PT SAS management yang fokus pada kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia dan sebagai trainer telah menangani lebih dari 100 mitra perusahaan, lembaga, institusi, organisasi dan lainnya.

Selain itu Heru tercatat sebagai Master Trainer Bidang Pelatihan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan banyak memberikan pelatihan bagi anak-anak muda. 

Lebih lanjut Heru Alumni TOT Lemhannas RI ini dipercaya untuk memberikan berbagai materi wawasan kebangsaan kepada mahasiswa, pelajar, paskibra dan masyarakat lainnya. Menulis menjadi hobinya, selain opini diberbagai media, ada 4 (empat) buku yang telah terbit tentang karakter dan kepemimpinan. 

Alumni S-2 Magister Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Palangka Raya ini termasuk diantara lulusan yang cepat yaitu 1 tahun 7 bulan dengan IPK 4,0. Bidang politik, kiprahnya sejak usia 18 tahun turut dalam deklarasi Partai Keadilan cikal bakal Partai Keadilan Sejahtera di Kalimantan Tengah. 

Pada usia relatif muda juga ia telah mendapatkan amanah sebagai Anggota DPRD Kalimantan Tengah. Terobosannya sebagai Anggota DPRD Kalteng terkenal dekat dengan kalangan masyarakat, wartawan dan para pihak sehingga sangat mudah untuk berjumpa dan berkomunikasi. 

Turut serta pada pembahasan pembangunan Masjid Raya Darussalam, Gedung Olahraga dan Serbaguna, Parlemen Remaja, Bantuan Tugas Akhir bagi Mahasiswa S1, S2, dan S3, pembangunan jalan Pelantaran-Parenggean dan pernah menolak tukar guling tanah.

Amanah sebagai Ketua PKS Kalteng diusia muda, terobosan yang dilakukan adalah menggagas program silaturahim ke berbagai partai politik dan elemen masyarakat lintas agama dan suku, menjadikan PKS lebih mudah dikenal. Kegiatan dan liputan media pun menjadikan PKS Kalteng lebih mudah dikenal masyarakat. Bahkan menggalakkan sedekah Jum’at PKS dengan berbagai kebutuhan sembako untuk kaum dhuafa. 

Kepemimpinannya di PKS Kalteng tidak menjadikannya anti kritik, bahkan ada program “anda mengkritik dapat hadiah”. Kemampuannya dalam memberdayakan relawan PKS, pelatihan keterampilan bagi anak muda seperti program belajar menyetir mobil gratis.

Heru dikenal juga hobi dengan olahraga, kini ia diberi amanah menangani klub sepak bola Garuda Keadilan yang telah mengikuti kompetisi resmi Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Palangka Raya sejak lama.

Sementara pada Bidang Ekonomi Heru aktif melakukan pendampingan bagi UMKM dan Startup melalui program edukasi pasar modal, koperasi, sertifikasi halal, kemitraan dan lainnya. pelatihan dasar dan menengah untuk relawan bencana telah diikutinya, serta telah banyak membantu masyarakat diberbagai tempat bencana, seperti Palu, Lombok, Katingan, Palangka Raya, dan lainnya.

Dengan pengalamannya, kepemimpinan, pemberdayaan dan keaktifan dalam berbagai bidang, sehingga sosok Heru menjadi lebih mudah mendapat perhatian dari berbagai pihak termasuk media sebagai narasumber berita. 

Mendapat amanah sebagai Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dari Partai PKS (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah, Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah 1 meliputi Kota Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas dengan nomor urut 1. 

Himbaunnya di tanggal 14 Februari tahun 2024,untuk  masyarakat khususnya Kalteng, datanglah Ke TPS masing masing pergunakan hak pilih dengan hati nurani pilih dengan cerdas kenalilah pilihannya , pergunakanlah hak suara dan kewajibannya dengan baik dan benar dan memilih dengan cerdas..

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments