P. Raya

Sri Widanarni Hadiri Rapat Pemantapan Harvesting BBI/ BBWI 2024 di Kalteng

PALANGKA RAYA - Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Prov. Kalteng Sri Widanarni mewakili Sekda Prov. Kalteng pimpin rapat pemantapan terhadap dukungan Pemprov Kalteng dalam pelaksanaan Harvesting BBI/ BBWI 2024, bertempat di Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng.

Menindaklanjuti surat dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia nomor 0380/MENKO/PE.00/II/2024 tanggal 05 Februari  2024 perihal Dukungan Partisipasi dalam pelaksanaan Gerakan Nasional BBI/ BBWI 2024, dan merujuk pada hasil Rapat antara Bank Indonesia Perwakilan Kalteng dengan Kementerian Kesehatan dalam rangka pembahasan kolaborasi dalam kegiatan Pesona Tambun Bungai BBI/ BBWI 2024 di Prov. Kalteng disepakati akan dilaksanakan kegiatan Harvesting Gerakan Nasional BBI/ BBWI 2024.

Asisten Ekbang Sri Widanarni dalam sambutannya mengutarakan sebagaimana yang telah disampaikan Kemenko Marves bahwa pemerintah daerah mendapatkan target untuk BBI dan untuk PDN 95 persen dari belanja pemerintah daerah harus menggunakan produk dalam negeri.

“Untuk target belanja yang mana dalam setiap event, kita melaksanakan pameran dan sebagainya dimana transaksi UMKM dalam kegiatan kita minimal 50 miliar dalam satu tahun”, tutur Sri.

Diharapkan melalui pertemuan ini dapat memberikan solusi maupun masukan bagaimana strategi-strategi sehingga ke depan nantinya ada suatu langkah-langkah yang bisa dihasilkan dan bisa mencapai target bahkan melampaui target  yang ditetapkan dan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Kalteng terutama masyarakat UMKM.

Sebagai informasi, konsep pelaksanaan Harvesting BBI/ BBWI 2024 yang telah disepakati diharapkan untuk mengundang Ketua Gernas BBI (Menkomarves), Ketua Harian Gernas BBI (Menparekraf) dan Wakil Ketua Harian (KemenkopUKM) serta mengundang Menteri lainnya yang menjadi anggota Tim Gernas BBI sesuai Keppres untuk hadir berbelanja secara online. Pada saat harvesting, diharapkan adanya ajakan live shopping kepada tamu VIP. Agenda harvesting disarankan disertai pameran offline produk unggulan minimal 3 (tiga) hari weekend untuk memberi kesempatan masyarakat lokal berbelanja. Kegiatan ini rencananya akan ditutup dengan hiburan sebagai bentuk luapan kebahagiaan atas keberhasilan kampanye selama tiga bulan.

Rangkaian harvesting akan diisi dengan pameran UMKM pada tanggal 14 s.d 17 Agustus 2024 di area pameran indoor dan Outdor berkolaborasi dengan Bank Indonesia. Pameran ini merupakan sebuah event yang bertujuan untuk mengangkat perekonomian melalui pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah di Prov. Kalteng dengan melalui Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia. Dengan harapan pertumbuhan mobilisasi wisata di Kalteng khususnya sehingga akan semakin tercipta usaha-usaha kecil dan menengah yang tumbuh bersaing dan semakin berkreasi.

Kemenkes ikut Kolaborasi pada kegiatan tambun bungai untuk Harvesting yaitu tanggal 14 Agustus 2024, siang hingga malam hari bertempat untuk pembukaan indoor di GPU Tambun Bungai dan pada acara malam rakyat di Stadion Sanaman Mantikei.

Rapat ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM  Prov. Kalteng Norhani serta Perwakilan dari Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait lainnya, Perwakilan BI Kalteng dan Perwakilan Bank Kalteng.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments