Kotim

Strategi Disdik Kotim Meningkatkan Mutu Pendidikan

SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) turut serta mengikuti forum koordinasi peningkatan mutu pendidikan di Kotim, yang dinilai harus dimulai dari bergerak, kemudian tergerak dan akhirnya membantu menggerakan yang lainnya.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan, terlebih dahulu kita harus bergerak. Bisa melalui guru penggerak ataupun sekolah penggerak, yang nantinya semua program bisa tergerak di sekolah masing-masing sehingga bisa menggerakkan program-program lebih besar dan menjadi contoh bagi sekolah lainnya,” kata Plt Kepala Disdik Kotim M. Irfansyah, Rabu 24 Mei 2023.

Lanjutnya, ada empat hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan mutu pendidikan, yaitu kebijakan, kepemimpinan kepala sekolah, infrastruktur, dan proses pembelajaran yang semuanya saling berkesinambungan.

“Kebijakan merupakan hal yang sangat penting, terutama kebijakan yang berlaku secara nasional, seperti kurikulum dan ujian nasional, termasuk kebijakan distribusi dan rekrutmen guru,” jelasnya. Kedua, leadership atau kepemimpinan kepala sekolah juga penting di dalam school based managementatau manajemen berbasis sekolah. Artinya semua ekosistem dalam sekolah harus jalan, baik hubungan antara guru, dengan siswa, orangtua, hingga pengelolaan keuangan yang transparan.

“Kemudian, ifrastruktur yaitu sarana dan prasarana yang berkaitan dengan kelas, laboratorium, maupun teknologi informasi dan komunikasi. Itu semua berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan,” tegasnya. Dan terakhir adalah proses pembelajaran. Yakni jika proses pembelajaran menyenangkan, berinovasi dan penuh kreativitas maka bisa mendorong anak-anak terbangun motivasinya. Namun, proses pembelajaran juga tergantung dari potensi guru, kecakapan guru, dan kemampuan guru.

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments