P. Raya

Sugianto Sabran Menghimbau Untuk Mewaspadai Karhutla

Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menghimbau kepada seluruh pemerintah daerah Kabupaten dan Kota untuk mewaspadai munculnya titik-titik api pada daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). "Dalam beberapa hari terakhir ini, kebakaran lahan sudah mulai terjadi. Saya minta agar tiap- tiap bupati dan wali kota untuk dapat melakukan pemantauan disejumlah wilayah rawan karhutla. Tingkatkan edukasi sosialisasi kepada masyarakat, himbauan dan lainya bersama aparat TNI/Polri, BPBD hingga instansi terkait," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dalam rilis yang diterima Rabu (28/7/21).

Sugianto Sabran meminta, kepada seluruh kepala daerah beserta jajarannya untuk dapat mempersiapkan sarana, dan prasarana dalam mengantisipasi munculnya titik api dan terjadinya kebakaran lahan, serta menjalin sinergritas yang baik dalam melaksanakan kegiatan mitigasi dan antisipasi dini terhadap wilayah-wilayah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan dalam upaya pencegahan dan penanganan nantinya.

"Situasi saat ini merupakan ujian bagi kita semua, selain menghadapi pandemi Covid-19, juga kerawanan karhutla mengancam berbagai daerah. Hal itu menjadi perhatian ekstra bagi seluruh daerah, instansi hingga masyarakat," tuturnya.

Sugianto Sabran juga minta dilakukannya edukasi kepada masyarakat secara persuasif, dan terukur. Mulailah dari ruang lingkup keluarga, agar informasi, dan sosialisasi tentang kebencanaan dapat diterima dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat.

 

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments