Kotim

Sukseskan Program Revitasilasi Bahasa Daerah !!! ujar Bupati Kotim

SAMPIT - Selasa, 06/06/2023, Bupati Kotim Halikinnor meminta dan menghimbau agar seluruh lapisan sekolah ikut serta mensukseskan penggunaan dan pengembangan program revitasilasi bahasa daerah, terutama penggunaan bahasa dayak Sampit, agar tetap lestari dan eksis hingga nantinya.

Ia mengatakan langsung, disinilah peranan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim sebagai upaya pengembangan dan pembinaan serta revitalisasi bahasa dayak Sampit ujarnya lugas. Untuk itulah dirinya sebagai Bupati Kotim sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam upaya pelaksanaan program ini, bagaimanapun semua program ini sesuai amanat undang undang tentang penggunaan bahasa dalam skala Nasional juga sesuai Perda yang mengatur penggunaan, pengembangan serta revitasisasi bahasa daerah secara regional di Kotim khususnya.

Saat ini salah satu bentuk upaya yang telah dilakukan adalah berupa pelatihan pelatihan kebahasaaan dan kesastraan derah , dimana dalam kegiata itu pembangku kepentingan dibidang Pendidikan dan selanjutnya dengan diberikannya pengetahuan dan meninplementasikannya dengan berbagai bentuk pelajaran pelajaran bermuatan lokal tentunya, di lakukan nantinya di sekolah sekaolah dibawah naungan Kemendikbudristek yang ada di Wilayah tersebut.

Bupati Kotim mengatakan, “Besar harapan saya, semoga semua usaha yang telah dilakukan, saya yakin dan  optimis akan memberikan hasil yang optimal bagi kelestarian Bahasa Dayak Sampit itu sendiri nantinya, tutupnya.

(Marselinus Darman)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments