Barsel

Tahun 2024 Pemkab Barsel Fokus pada Pembangunan Daerah

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah menggelar Forum Perangkat Daerah (FPD) tahun 2023 yang bertempat di Aula Kantor Bappeda, jalan Pahlawan Atas, Buntok, Senin (6/3/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana menyampaikan, pelaksanaan FPD esensinya adalah dalam rangka untuk menyusun RKPD tahun 2024, dengan melakukan penyesuaian terhadap program-program prioritas dan sasaran pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi dan juga terhadap apa yang termuat di dalam Rencana Pembanguan Daerah (RPD) Kabupaten Barsel tahun 2023-2026.

"Untuk tahun 2024 tema/fokus pembangunan adalah untuk mendorong terwujudnya iklim investasi daerah yang kondusif, disertai dengan pemantapan pembangunan jaringan infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ujarnya.

Lisda menambahkan, terkait dengan tema/fokus dan arah kebijakan prioritas pembangunan tersebut, setidaknya ada empat arahan khusus yang ditegaskan, yakni dalam penyusunan program dan anggaran pembangunan tahun 2024 tetap mempedomani kebijakan money follow program, dalam penyusunan perencanaan pembangunan agar dilakukan dengan pendekatan THIS (Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial).

"Penanganan kemiskinan ekstreme dan stunting, menanggulangi dampak inflasi daerah, termasuk memilih dan memilah usulan-usulan yang sesuai arah kebijakan pembangunan," kata Lisda Arriyana.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments