P. Raya

Tarian Babukung Membawa Nama Kalimantan Tengah Ke Event Nusantara Indonesia

PALANGKA RAYA - Festival Babukung dan Festival Budaya Isen Mulang masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2023 bersama dengan 110 event nasional lainnya.
Launching Kharisma Event Nusantara (KEN) diselenggadakan di Plaza Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu, 28 Januari 2023.

Launching dibuka secara resmi oleh Menteri Sandiaga Salahuddin Uno. Ia menekankan kembali program Presiden Republik Indonesia  bangga berwisata "di Indonesia saja dengan target wisatawan 1,4 milyar di tahun 2023 merupakan gerakan nasional yang harus didukung oleh semua pihak dan banyak melibatkan masyarakat. Kegiatan tersebut menampilkan  pertunjukan dari berbagai sub-sektor ekonomi kreatif dari berbagai daerah di Indonesia dan salah satunya ialah Tari Babukung dari Kab. Lamandau menjadi salah satu penampil pada acara tersebut.

Kepala Dinas Adiah Chandra Sari mengungkapkan rasa syukur bahwa Festival Budaya Isen Mulang dan Festival Babukung masuk event nasional yang bergengsi dan berkualitas setelah melalui beberapa tahapan kurasi termasuk tahap paparan yg dilaksanakan secara zoom.

Harapannya, tidak hanya dua event saja yang masuk dalam KEN, namun bisa lebih banyak lagi kabupaten dan kota yang mengusulkan event daerahnya karena Kalimantan Tengah memiliki banyak potensi kegiatan budaya, prosesi adat, tradisi, legenda serta fenomena alam yang bisa diangkat dan dikemas menjadi event yang berkualitas.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments