Nasional

Tarian Etnis Hingga Atraksi Barongsai Meriahkan Cap Go Meh Di Sekadau

SEKADAU - Perayaan imlek 2574 dan cap go meh 2023 digelar oleh Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sekadau, sabtu malam, 5 februari 2023. Acara tersebut dipusatkan di halaman SDN 21 Sungai Ringin.

Perayaan imlek 2574 kongzili dan cap go meh 2023 di Kabupaten Sekadau disambut antusias masyarakat setempat. Pasalnya ada beragam hiburan yang ditampilkan dalam acara tersebut. Menariknya dalam acara tersebut ditampilkan tarian dari tiga etnis, yakni tionghoa, dayak, dan melayu. Selain itu, masyarakat juga dihibur dengan atraksi barongsai serta kembang api. Tentunya acara ini menjadi hiburan bagi masyarakat kabupaten sekadau.

Ketua MABT Kabupaten Sekadau, Harianto, mengatakan pihaknya menghadirkan tarian tiga etnis tersebut bukanlah tanpa alasan. Ia mengatakan, itu merupakan salah satu bukti bahwa toleransi di Kabupaten Sekadau sangat-sangat luar biasa.

Anggota DPRD Kabupaten Sekadau itu juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian terhadap pelestarian budaya di kabupaten sekadau. Harianto juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perayaan imlek dan cap go meh di kabupaten sekadau. Di tahun kelinci air ini, ia berharap semuanya diberikan kesehatan, rezeki, dan kemakmuran serta kesejukan di kabupaten sekadau.

Sementara itu, Bupati Sekadau, Aron, mengapresiasi pelaksanaan imlek dan cap go meh tersebut. Pada kesempatan itu, aron juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu bergandengan tangan, bahu-membahu, dan menghargai satu sama lain.

Terkait pelaksanaan imlek dan cap go meh di Kabupaten Sekadau tahun ini, aron menilai cukup meriah. Ia berharap, kegiatan atau tradisi tersebut semakin meriah dan semakin ramai lagi.

Ia ingin agar ke depan event-event tersebut menjadi wisata bagi masyarakat. Ia pun berharap di tahun kelinci ini semua mendapatkan kelimpahan berkat, dan panjang umur, serta kesukseskan. Aron juga menyampaikan terima kasih kepada tni-polri yang telah memberikan pengamana selama kegiatan tersebut. Sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman.

(Yahya Iskandar)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments