P. Pisau

Taty Narang: Jangan Panik Jika Bergejala Covid 19, Segera Lapor ke Puskesmas

PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Pudjirustaty Narang meminta masyarakat tidak panik apabila mengalami gejala Covid-19 atau kontak erat dengan pasien virus corona.Warga diminta segera melapor ke puskesmas jika mengalami hal tersebut.

"Apabila mengalami gejala Covid-19 atau kontak erat dengan pasien positif jangan panik dan segera hubungi puskesmas setempat untuk segera dilakukan pemeriksaan dan penelusuran kontak," kata Taty Narang sapaan akrab Bupati Pulpis itu.

Sembari menunggu hasil pemeriksaan tes, warga diminta melakukan isolasi mandiri. Disarankan untuk terus berkonsultasi dengan petugas puskesmas agar isolasi mandiri selalu terpantau.

"Ingat, melapor ke puskesmas sangat membantu dalam pendataan dan pelacakan kontak serta penanganan Covid-19 bisa didapatkan dengan gratis tanpa dipungut biaya apa pun," ucapnya.

Terpisah Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bereng, Yunasi tidak menampik adanya warga yang mengalami gejala atau pun melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19, namun tidak melapor.

Terkait hal tersebut, Puskesmas Bereng tetap berupaya melakukan pelacakan terhadap warga positif Covid-19 yang belum melapor ke Puskesmas Bereng.

“Upaya yang dilakukan dengan mencari data ke rumah sakit,” ungkap Yunasi, kemarin.

Menurutnya, pelacakan dan pendataan warga yang terkonfirmasi Covid-19 itu penting. Dengan demikian warga diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan pihak bisa melakukan control terhadap warga yang melakukan isolasi mandiri.

Ia juga mengatakan selama masa pandemi Covid-19 ini, Puskesmas Bereng selain melayani berbagai keluhan penyakit dari pasien.

“Yakni, melakukan vaksinasi, melakukan pelacakan warga yang mengalami kontak erat, menyatukan pasien yang melakukan isolasi mandiri serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Covid-19,” jelasnya.

Yunasi juga mengimbau masyarakat di wilayah Puskesmas Bereng yang terpapar atau mengalami gejala Covid-19 bisa melapor ke Puskesmas.

“Sehingga pasien Covid-19 di Bereng dapat terdata dan terkontrol,” tandasnya.

 

 

(Antang)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments