P. Raya

Tenaga Pendidikan Berwawasan dan Berkarakter Kebangsaan

PALANGKA RAYA - Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Tenaga Pendidik Tahun 2023, kegiatan dilaksanakan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Rabu (4/10/2023).

Herson B. Aden mewakili sekda provinsi Kalteng dalam sambutannya mengatakan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) bertujuan untuk menggugah kesadaran seluruh elemen bangsa, antara lain dunia pendidikan, dunia pers, dunia usaha, para penyelenggara Negara, dan elemen masyarakat lainnya, untuk bersama-sama memantapkan cara pandang bangsa Indonesia agar berwawasan dan berkarakter kebangsaan.

“Pemantapan wawasan kebangsaan merupakan pedoman yang mengarahkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menuju masa depan yang dicita-citakan bersama bangsa Indonesia. Melalui pemantapan wawasan kebangsaan, kita dapat menjaga persatuan dan keutuhan bangsa, di tengah berbagai ancaman yang dapat menganggu kedaulatan NKRI,” Ucapnya.

Lebih lanjut Herson menambahkan, PWK penting terintegrasi dengan pendidikan karakter kebangsaan. Persoalan Wawasan Kebangsaan Indonesia tidak dapat selesai apabila tidak dimulai dari pembentukan karakter kebangsaan yang benar dan baik.

“Kita menginginkan bangsa Indonesia yang dapat memahami diri dan lingkungannya yang dilandaskan pada Nilai-Nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI ,dan Bhineka Tunggal Ika. Pemahaman ini harus menjadi karakter bangsa Indonesia."

Herson menyebut, pemantapan wawasan kebangsaan dan karakter bangsa dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. “Pemantapan itu dapat dilakukan melalui pendidikan, pembudayaan, pemberdayaan, kerja sama dan keteladanan, serta kegiatan sosialisasi seperti kali ini,” jelasnya.

Memasuki Pemilu dan Pilkada serentak di tahun 2024 mendatang, Herson berharap masyarakat Kalteng dapat menyalurkan aspirasi dan partisipasi politiknya untuk memilih pemimpinnya, serta mengikuti berbagai tahapan pesta demokrasi tersebut dengan tertib, aman, dan kondusif.

“Kepada seluruh peserta, selamat mengikuti rangkaian sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh, sebagai salah satu darma bakti kita bersama untuk terus memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka membangun kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, demi mewujudkan Kalteng Makin BERKAH untuk Indonesia Maju."Tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Prov. Kalteng Uria Nanyu Lujen menyampaikan dalam laporannya, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk membentuk pendidik sebagai kader wawasan kebangsaan yang mampu memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan bagi siswa melalui proses pendidikan di sekolah, yang dapat membentuk jiwa didik untuk bangga sebagai bangsa Indonesia, bangga bertanah air Indonesia, dan mampu berkarya untuk bangsa.

Hadir dalam kegiatan narasumber, Ketua Komisi Informasi Kalteng M. Muchlas Roziqin Hadir pula, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Katma F. Dirun. 

 

(Era Suhertini)

   

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments