Barsel

Terkait Pengelolaan BUMDes Pendamping Desa Diminta Proaktif

BUNTOK – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Nyimas Artika meminta kepada pendamping desa agar proaktif dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebab pengelola BUMDes seluruhnya dari Dana Desa (DD). Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel atau instansi yang terkait agar memonitor dan membimbing perangkat desa.

“Lembaga usaha desa yang dikelola oleh pemerintah juga masyarakat desa itu, bertujuan untuk memperkuat perekonomian desa serta dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di tempat itu sendiri,” ujarnya di Buntok, Jumat (10/7/2022).

Ia berharapkan BUMDes dapat meningkatkan perekonomian desa serta meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), dan meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Terlebih, menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Ditambahkan pula, untuk mencapai tujuan dan keinginan terhadap BUMDes tersebut, diantaranya harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pelayanan barang dan jasa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa.

“BUMDes dituntut agar mampu memberikan pelayanan kepada anggota, maupun non anggota, tetapi juga dipertimbangkan jangan sampai BUMDes yang disepakati bersama menimbulkan kesenjangan ekonomi setempat,” pungkas Nyimas Artika.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments