Kalteng

Tertibkan Administrasi Guna Peningkatan PAD

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto

KUALA PEMBUANG - Kalangan DPRD Seruyan berharap kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan melakukan penertiban pada masyarakat yang memiliki kewajiban pajak.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto, bahwa penertiban pajak harus dilakukan benar-benar mulai dari kelurahan sampai kecamatan dengan cara melakukan pendataan secara akurat.

"Khususnya untuk retribusi pajak, manajemennya harus ditingkatkan lagi, baik pendataan objek pajak di wilayah masing-masing, hingga sasaran pajak tersebut bisa di maksimalkan untuk peningkatan realisasi  PAD sehingga bisa dioptimalkan semaksimal mungkin," ujar Bejo, Senin (29/11/2021).

Dia mengungkapkan, dulu kerap terjadi di sebagian masyarakat mendapatkan tagihan pajak yang tanahnya bukan milik mereka, untuk kedepannya pihak kecamatan harus melakukan penertiban di wilayahnya, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi sehingga diperlukan penertiban administrasi lahan milik warga  masyarakat.

Menurutnya bisa saja lahan masyarakat yang sudah memiliki sertifikat atau SKT malah timbul sertifakat lain di atas tanahnya, sehingga menimbulkan sengketa yang akan merugikan masyarakat itu sendiri, makanya penertiban pendataan harus dilaksanakan agar kemungkinan yang tidak di inginkan bisa diatasi dan penerimaan pajak sebagai PAD pun bisa dimaksimalkan.

"Untuk itu saya meminta, agar permasalahan administrasi lahan masyarakat bisa ditertibkan,  mulai dari desa hingga ke kecamatan sehingga berjalan baik agar bisa meningkatkan PAD daerah kita," pungkasnya.

(Giya/Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments